BAZ Balikpapan Target Zakat Rp 5 M
BAZ Balikpapan Target Zakat Rp 5 M
19 July 2014
Garuda Buka Rute Jelajah Kalimantan
Garuda Buka Rute Jelajah Kalimantan
21 July 2014

Tanpa THR, Penyapu Jalanan Ancam Mogok

Tanpa THR, Penyapu Jalanan Ancam Mogok

Penyapu jalanan BalikpapanNewsBalikpapan –
Ribuan petugas kebersihan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Balikpapan Kalimantan Timur ancam mogok kerja jelang perayaan hari raya Idul Fitri. Pemerintah Kota Balikpapan tidak mengalokasikan anggaran tunjangan hari raya (THR) bagi seluruh petugas kebersihan yang jumlahnya mencapai 1.070 tenaga harian lepas (THL).

“Pimpinan menyebutkan tidak ada THR untuk seluruh petugas kebersihan. Kami akan mogok kerja hingga perayaan lebaran nanti tidak kerja,” kata salah seorang penyapu jalanan Balikpapan, Anti, Minggu (20/7).

Sesuai disampaikan Kepala Bagian Kebersihan DKPP Balikpapan, Suharso, Anti menuturkan Pemerintah Kota Balikpapan beranggapan tidak ketentuan yang mewajibkan alokasi THR bagi pegawai THL. Alokasi anggaran THR bagi petugas kebersihan dianggap tidak memiliki payung undang undang yang mengaturnya.

“Sudah jadi aturan pusat, sehingga tidak ada undang undang yang mengaturnya. Ini alasan dari pimpinan,” ungkapnya.

Pimpinan DKPP Balikpapan, kata Anti mengancam memberhentikan setiap pegawai petugas kebersihan yang menolak pemberlakuan aturan baru ini. Pemerintah daerah juga akan menindak segala aksi perlawanan seperti mogok kerja dan demo petugas kebersihan Balikpapan.

Anti balik mempertanyakan pemberlakuan aturan baru ini yang dilaksanakan tahun 2014. Sebelumnya selama bertahun tahun, menurutnya Pemkot Balikpapan rutin mengucurkan THR petugas kebersihan yang nilainya sebesar Rp 1 juta.

“Kalau memang melanggar aturan, kenapa tahun lalu juga dapat,” paparnya.

Anti menyatakan pemerintah daerah semestinya lebih memperhatikan para penyapu jalanan yang mayoritas masuk katagori ekonomi menengah kebawah. Seluruh petugas kebersihan ini mengandalkan alokasi THR guna menyambut lebaran yang segera tiba nanti.

“Saya ini anaknya tiga masih kecil kecil, suami juga cuma buruh. Sehingga THR penting untuk persiapan lebaran nanti, membeli baju dan makanan lebaran,” ujarnya.

Pemkot Balikpapan, kata Anti hanya menjanjikan pemberian uang buka pengganti THR yang nilainya belum bisa ditentukan. Pencairan dana uang buka ini bersamaan waktunya dengan penerimaan gaji pada 4 Agustus nanti atau setelah perayaan lebaran Idul Fitri.

Kota Balikpapan memperoleh penghargaan Piala Adipura Kencana sebagai kota bersih terbersih di Indonesia. Keberadaan ribuan petugas kebersihan tidak bisa dipungkiri berperan penting dalam penilaian penjurian tim Piala Adipura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *