Rizal - Rahmad Deklarasi di Benakutai
Rizal – Rahmad Deklarasi di Benakutai
25 July 2015
Nasib Kelam Monyet Belanda di Sungai Hitam
Nasib Kelam Monyet Belanda di Sungai Hitam
29 July 2015

Inilah Calon Peserta Pilkada Balikpapan

Inilah Calon Peserta Pilkada Balikpapan

Pasangan Rizal Effendy - Rahmad Mas'udNewsBalikpapan –

Komisi Pemilihan Umum Balikpapan Kalimantan Timur menyatakan ada empat pasangan yang mendaftar pada pemilihan kepala daerah mendatang. Para bakal calon wali kota dan wakil wali kota memenuhi syarat pendaftaran mempergunakan jalur perseorangan dan partai politik sesuai ketentuan undang undang.

“Setidaknya ada empat nama pasangan calon pemilukada Balikpapan,” kata Ketua KPU Balikpapan, Noor Toha, Senin (27/7).

Toha mengatakan dua pasangan perseorangan sudah menyerahkan suara dukungan pencalonan yang sedang dalam proses verifikasi KPU Balikpapan. Nama dua pasangan tersebut yakni Abdul Hakim – Wahidah dan Achdian Noor – Abriantinus.

Pasangan selanjutnya adalah Rizal Effendy – Rahmad Mas’ud yang memilih mempergunakan jalur partai politik dalam pencalonannya nanti. Pasangan menyerahkan surat dukungan dari parpol PDIP, Demokrat, PPP dan Nasional Demokrat.

Adapun kandidat lain, kata Toha adalah pasangan Heru Bambang – Tajuddin yang mendapatkan suara dukungan koalisi Partai Gerindra dan Hanura. Menurutnya pasangan ini akan menyerahkan kelengkapan syarat dukungan KPU Balikpapan di akhir masa pendaftaran.

“Besok mereka akan mendaftar di KPU Balikpapan,” ujarnya.

Sedangkan calon Partai Golkar terancam gagal meramaikan pilkada Balikpapan saat belum memastikan pendaftarannya. Pasangan Andi Burhanuddin Solong – Abdul Hakim Rauf disebut sebut belum mengantongi surat keputusan DPP Golkar kubu Ancol maupun kubu Bali.

KPU Balikpapan masih melakukan verifikasi syarat dukungan lewat jalur perseorangan dan partai politik ini. Khusus untuk timses Rizal Effendy – Rahmad Mas’ud juga harus melengkapi dari surat putusan DPP Demokrat dan DPP PPP.

“Kalau Demokrat harus menunjuk pelaksana tugas pengurus DPC sedangkan PPP harus memperoleh surat keputusan DPP kubu Djan Fariz. Batas waktunya besok. Meski demikian pasangan Rizal Effendy – Rahmad Mas’ud tetap sah mendaftar dengan mendapatkan suara dukungan PDIP dan Nasdem saja,” tuturnya.

Jumlah daftar pemilih tetap pilkada Balikpapan sudah ditetapkan sebanyak 600 ribu jiwa. Total pemilih ini berdasarkan hasil pendataan warga Balikpapan sebanyak 800 ribu jiwa.

4 Comments

  1. […] Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Kalimantan Timur menerima pendaftaran lima pasangan peserta pemilukada setempat pada Desember […]

  2. […] Abriantinus mengatakan anggaran tersebut bersumber dari dana pribadi keduanya yakni pasangan Achdiansyah – Abriantinus. Anggaran sebesar itu mayoritas dihabiskan untuk biaya operasional tim sukses dan penggandaan kartu tanda penduduk (KTP). […]

  3. […] Toha mengatakan KPU Balikpapan resmi menetapkan pasangan terpilih ini agar nantinya segera dilantik oleh Kementerian Dalam Negeri. […]

  4. […] pengumuman kemenangan Rizal – Rahmad menuai protes dari dua pesaingnya yang mempermasalahkan tuduhan kecurangan pilkada Balikpapan. Saksi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *