Astaga, Ada Restoran Ternama Balikpapan Gunakan Gas Subsidi
Astaga, Ada Restoran Ternama Balikpapan Gunakan Gas Subsidi
4 May 2018
Buntut Kisruh Rudenim Balikpapan, Pengungsi Dipindah
Buntut Kisruh Rudenim Balikpapan, Pengungsi Dipindah
9 May 2018

Surplus Listrik, PLN Mulai Rambah Pelanggan Premium

Surplus Listrik, PLN Mulai Rambah Pelanggan Premium

Surplus Listrik, PLN Mulai Rambah Pelanggan PremiumNewsBalikpapan –

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero memiliki daya mampu listrik sebesar 592,05 MW mencukupi kebutuhan pelanggan Kalimantan Timur dan Utara. Kemampuan daya listrik ini surplus 208 MW mengingat beban puncaknya berkisar 384 MW.

“Daya listrik Sistim Mahakam ini membuat kami sangat terbuka menerima permintaan sambungan daya baru di wilayah Kaltimra,” kata Direktur Bisnis Regional PLN Kalimantan, Machnizon, Jumat (4/5).

Machnizon mengatakan, PLN sudah mulai merambah pelanggan di sejumlah kawasan industri seperti Kariangau, Buluminung, Maloy di Kaltim. PLN menjajaki peluang kerjasama dengan sejumlah pelanggan premium sektor industri maupun bisnis di Kaltim.

“Berapapun kebutuhan daya yang diajukan pelanggan akan kami layani. Sehingga suplai listrik untuk kebutuhan investasi baik bisnis maupun industri sudah sangat siap,” tegasnya.

Soal pelanggan premium ini, Machnizon menyebutkan ada perlakuan khusus nantinya diberikan seperti pemberian perpanjangan jaringan hingga keberadaan account executive khusus. Petugas account executive ini guna memudahkan pelanggan premium berkomunikasi langsung dengan PLN.

“Dimanapun pelanggan ataupun calon pelanggan PLN berada, kami akan layani permintaan listrik. Layanan account executive (AE), agar memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi dengan PLN,” ungkapnya.

Pelanggan premium adalah istilah PLN bagi pelanggan yang dikenakan tarif daya listrik berbeda dibandingkan tarif keenokomian tenaga listrik. Saat ini sudah terdata sebanyak 61 pelanggan premium PLN Wilayah Kaltimra.

PLN melayani permintaan pelanggan premium untuk penggunaan daya tegangan rendah maupun tegangan menengah. Pelanggan ini memang punya keistimewaan pelayanan pelanggan yang tersebar di sejumlah kota/kabupaten diantaranya Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau dan Tarakan.

Account executive merupakan person in charge yang secara langsung akan melayani para pelanggan premium apabila terdapat permintaan, keluhan atau hal lainnya yang berkaitan dengan layanan kelistrikan. Mereka dapat dihubungi setiap saat melalui ponsel pribadi,” tutur Machnizon.

PLN Area Kaltimra gencar mensosialisasikan inovasinya dalam setiap pertemuan pelanggan dan temu pelanggan di Balikpapan. Kegiatan ini dimaksutkan mendukung kemudahan berinvestasi di Kalimantan.

Dukungan dalam berinvestasi, seperti yang diungkap Machnizon, juga ditunjukkan melalui kemudahan-kemudahan yang saat ini sudah dilakukan oleh PLN. Kemampuan daya listrik Sistim Mahakam sebesar 592,05 MW sangat mencukupi memenuhi kebutuhan industri maupun rumah tangga di Kaltimra.

Kalaupun dirasa belum cukup, PLN sudah merencanakan pengoperasian power plant berdaya 167.5 MW dengan 12 transmisi sepanjang 972 kilometer sirkit di Kaltimra. Power plant ini rencananya berfumgsi tahun 2018 ini.

Surplus Listrik, PLN Mulai Rambah Pelanggan Premium

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *