DPMD Kukar Tingkatkan Peran Posyandu untuk Menekan Stunting
4 May 2024
Dikunjungi Presiden, Dirut PLN Paparkan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik
4 May 2024

Guleku Dari Desa Tuana Tuha Bakal Hadir dalam Kemasan Saset

Guleku, Produk gula aren dari Desa Tuana Tuha (Istimewa)

Guleku, Produk gula aren dari Desa Tuana Tuha (Istimewa)

NewsKukar – Bersiap masuk ke pasar ritel modern, produk turunan olahan gula merah dari Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), akan hadir dalam kemasan sachet.

Setelah berhasil memasuki pasar hotel di Kalimantan Timur (Kaltim), Pemerintah Desa (Pemdes) Tuana Tuha kini tengah menyiapkan produk andalan mereka untuk dipasarkan ke ritel modern seperti Indomaret dan Alfamidi.

Tommy, Kepala Desa Tuana Tuha, mengungkapkan bahwa pihaknya sedang berupaya keras agar produk mereka dapat diterima oleh konsumen secara lebih luas dengan hadir dalam kemasan sachet.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Indomaret, dan semuanya sudah dalam tahap penawaran. Namun, kami masih perlu menyiapkan stok yang cukup untuk memasok ke Indomaret,” jelas Tommy pada Rabu (24/4/2024).

Sebelumnya, produk ini telah memperoleh sertifikasi halal dan telah tersedia dalam kemasan 250 gram dengan berbagai varian rasa. Kini, dengan hadirnya kemasan sachet yang lebih kecil, diharapkan produk ini akan lebih terjangkau bagi konsumen di pasar ritel modern.

Tommy juga menyatakan bahwa dengan masuknya produk ini ke Indomaret, distribusinya akan lebih luas, membantu memperkenalkan produk lokal ini lebih luas lagi di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kami juga telah memiliki Indikasi Geografis (IG), yang menunjukkan bahwa produk ini lengkap dari hulu hingga hilir, sehingga kami yakin produk kami siap untuk diekspor,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *