Peningkatan Infrastuktur Dasar Jadi Fokus Pemdes Sambera Baru di Tahun Ini.
4 May 2024
Guleku Dari Desa Tuana Tuha Bakal Hadir dalam Kemasan Saset
4 May 2024

DPMD Kukar Tingkatkan Peran Posyandu untuk Menekan Stunting

Kepala DPMD Kukar, Arianto (Istimewa)

Kepala DPMD Kukar, Arianto (Istimewa)

NewsKukar – Dalam upaya menekan angka stunting di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan target di bawah 15 persen pada tahun ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terus meningkatkan peran posyandu di setiap kelurahan dan desa.

“Dari lima kader posyandu di setiap desa, tahun 2023 kita telah melatih tiga orang. Tahun ini, kita akan melatih dua orang lagi. Dengan demikian, pada tahun 2025, diharapkan seluruh kader telah terlatih,” ujar Kepala DPMD Kukar Artianto.

Artianto menyatakan bahwa untuk meningkatkan fungsi posyandu, pihaknya terus berusaha melengkapi sarana dan prasarana, serta meningkatkan kualitas 799 kader posyandu yang tersebar di seluruh wilayah Kukar.

Untuk melaksanakan pelatihan, ia menyebut bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan. Selain itu, Artianto juga mendorong agar masyarakat secara rutin mengunjungi posyandu untuk melakukan pemeriksaan terhadap bayi dan balita.

Ia juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap peran posyandu dalam mencegah stunting. DPMD akan memperbaiki atau membangun kembali gedung posyandu yang tidak layak, sesuai dengan kajian dan ketersediaan lahan yang ada.

“Tingkat kesadaran masyarakat terhadap posyandu sangat penting untuk mencegah stunting. Kami akan memperbaiki atau membangun kembali gedung posyandu yang tidak layak, tergantung pada kajian dan ketersediaan lahan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *