Konversi Gas Balikpapan Molor
Konversi Gas Balikpapan Molor
18 August 2014
Pesta Narkoba, Anak Pejabat Direhabilitasi
Pesta Narkoba, Anak Pejabat Direhabilitasi
18 August 2014

Empat Perusda Balikpapan Disiapkan

Empat Perusda Balikpapan Disiapkan

Rumah pesisir BalikpapanNewsBalikpapan –
Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur akan membentuk empat perusahaan daerah dalam pengelolaan unit usahanya. Perusda tersebut nantinya mengurusi operasional listrik daerah, pasar tradisional, kebersihan kota dan parkir.

“Ada empat perusda Balikpapan yang kami bentuk nantinya,” kata Asisten II Pemerintah Kota Balikpapan Bidang Ekonomi dan Kesra Sri Soetantinah, Senin (18/8).

Tantin menyebutkan pihaknya akan mengandeng swasta untuk kerjasama dengan perusda Balikpapan. Dia mencontohkan perusda listrik yang kerjasama dengan PT Karingau Power berdaya 2 X 25 megawatt.

Khusus masalah kebersihan kota, Tantin mengaku terinspirasi Pemkot Bandung yang sukses dalam pengelolaan sampahnya. Kota Bandung merupakan pemda pertama di Indonesia yang memiliki perusda kebersihan.

Tantin mengungkapkan pengelolaan sektor parkir dan pasar tradisional juga belum mampu maksimal berkontribusi dalam penerimaan asli daerah Balikpapan. Pemkot Balikpapan mengalokasikan anggaran ratusan miliar rupiah dalam pengelolaan empat sektor ini.

“Lebih baik ke perusda sendiri, ternyata peluangnya jauh lebih besar,” paparnya.

Pemkot Balikpapan saat ini tengah menyusun perangkat-perangkat, aturan teknis unit usaha dan struktur organisasinya. Pelaksanaanya diharapkan sudah terealisasi memasuki awal tahun 2015 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.