Penajam Razia PNS Nakal
Penajam Razia PNS Nakal
11 July 2014
Tol Balikpapan – Samarinda Bengkak Rp 9,5 T
12 July 2014

Balikpapan Inspeksi Makanan Kadaluarsa

Balikpapan Inspeksi Makanan Kadaluarsa

Pasar ramadhanNewsBalikpapan –
Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur rutin menggelar inspeksi makanan dan obat kadaluarsa jelang lebaran nanti. Institusi Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menggandeng Balai Pengawasan Obat dan Makanan guna memantau keberadaan obat obatan diperdagangkan pada masyarakat.

“Harus diperhatikan karena ini penting bagi konsumen juga karena kalau sudah lewat tanggal kadaluarsa kan bisa berarti berbahaya,” kata Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendy, Jumat (11/7).

Rombongan pejabat Balikpapan langsung mendatangi Hypermart untuk mengecek langsung produk makanan rusak dan kadaluarsa. Dalam pantauan langsung di pasar modern ini tidak ditemukan kerusakan bahan makanan kaleng dan sebagainya.

Rizal mengatakan tanggal kadaluarsa menjadi acuan yang dipergunakan sebagai tanggal aman untuk dikonsumsi. Karena itu, konsumen harus jeli memperhatikan tanggal kadaluarsa tersebut agar terhindar dari kemungkinan mengkonsumsi makanan yang sudah tidak aman bagi kesehatan.

Untuk itu, Rizal meminta seluruh produsen untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa pada produk berkemasannya. Hasil sidak kemarin, menurutnya tidak ada barang yang diindikasikan melampaui tanggal kadaluarsa. Hanya saja, ada beberapa produk yang kemasannya penyok karena proses distribusi.

Selain itu tambah Rizal, produsen makanan dan minum juga harus benar-benar memperhatikan mengenai kebersihan dan higenitas proses pembuatannya termasuk memperhatikan letak penyimpanan makanan.

Sementara untuk jenis parcel hasilnya belum ditemukan adanya makanan dan minuman yang melewati masa kadaluarsanya. Rencana sidak makanan dan minuman ini akan dilanjutkan jumat ini dan besok yang dilakukan BPOM Kaltim dan DKK Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *