Dispar Kukar Rajin Promosi Destinasi Wisata di Wilayahnya
4 May 2024
Dinas PU Kukar akan Lebarkan Sejumlah Ruas Jalan di Tenggarong
4 May 2024

Pemdes Muara Muntai Ilir Rutin Salurkan Bantuan pada Nelayan

Kepala Desa Muara Muntai Ilir Arifadin Nur (Istimewa)

Kepala Desa Muara Muntai Ilir Arifadin Nur (Istimewa)

NewsKukar – Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Muntai Ilir, yang terletak di Kecamatan Muara Muntai, secara rutin menyalurkan bantuan kepada nelayan setempat berupa alat tangkap ikan dan berbagai perlengkapan budidaya ikan. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengingat mayoritas penduduk di sana adalah nelayan.

“Program ini telah berjalan hampir dua tahun, dan telah memberikan dampak positif dengan bantuan bibit dan keramba,” ungkap Arifadin, Kepala Desa Muara Muntai Ilir pada Sabtu (20/4/2024).

Arifadin Nur menjelaskan, bahwa program ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2021-2026 di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin, yang bertujuan mewujudkan masyarakat Kutai Kartanegara yang sejahtera dan bahagia.

Pada tahun 2024, Arifadin memastikan bahwa program bantuan untuk nelayan akan terus berlanjut dengan menyerahkan bibit, pakan, serta keramba. Bibit dan pakan yang disalurkan merupakan jenis ikan mas dan nila, disertai dengan sekitar 40 kotak keramba ikan.

Selain menyasar nelayan, Arifadin juga menegaskan bahwa program peningkatan kesejahteraan masyarakat juga akan melibatkan para Ketua RT dan perangkat desa. Pemdes Muara Muntai Ilir akan segera melaksanakan program peningkatan kapasitas bagi mereka.

Arifadin juga menyatakan bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan salah satu desa di Pulau Jawa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Desa Muara Muntai Ilir.

“Dengan status Desa Mandiri, kami akan terus berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat demi kesejahteraan mereka. Desa Mandiri bukan hanya tentang infrastruktur, tetapi juga tentang peningkatan pendapatan tanpa bergantung pada bantuan,” tegas Arifadin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *