Bandara Sepinggan Diresmikan Bareng HUT Balikpapan
11 December 2013
Dana Siluman Rp 10 M di APBD Balikpapan
11 December 2013

Jembatan Balikpapan – Penajam Rampung 2016

Jembatan NewsBalikpapan –
Jembatan Pulau Balang menghubungkan Balikpapan – Penajam Paser Utara diprediksi selesai dibangun 2016 nanti. Jembatan ini jadi penghubung rute Kaltim – Kalsel yang sebelumnya dipisahkan Teluk Balikpapan.
“Jembatan itu menjadi jembatan pertama di Kalimantan yang menghubungkan antar provinsi,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)
Kota Balikpapan Suryanto, Rabu (11/12).
Jembatan itu dibangun dalam dua bagian yakni bentang panjang (804 meter) dan bentang pendek (470 meter). Sesuai rencana, rute jembatan yaitu Balikpapan – Pulau Balang dan Penajam.
“Kalau untuk bentang panjang dibiayai melalui dana APBN dan bentang pendek mealui dan APBD Katim. Tahun ini dari APBN itu Rp 100 miliar, begitu juga2014, tiap tahun dikucurkan dari APBN maupun APBD Kaltim untuk proses pembangunannya,” ujarnya.
Proyek tersebut merupakan proyek multiyears, untuk keseluruhannya menelan anggaran mencapai Rp 2 triliun lebih, yakni dari APBN untuk bentang panjang sekitar Rp 1,6 triliun dan untuk bentang pendek dari APBD Kaltim sebesar Rp 425 miliar.
Dia menjamin, pembangunan jembatan tidak akan merusak ekosistem Teluk Balikpapan. Pihak pelaksana berusaha meminimalkan kerusakan lingkungan akibat pengerjaan jembatan ini.
Diakuinya, dalam proses pembangunan jembatan memang akan menganggu habitat bekantan dan pesut yang hidup di Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW). Namun, setelah proses pembangunan selesai, akan dikembalikan seperti semula habitat satwa yang ada.
Bahkan lanjutnya, sudah menjadi komitmen Teluk Balikpapan akan dijadikan sebagai ecotourism kawasan wisata alam. Termasuk melakukan penanaman kembali Teluk Balikpapan dengan mengandeng pihak swasta.

2 Comments

  1. […] “Rencana ini bagus sekali, tapi tentunya harus ada pertimbangan kuat,” kata Ketua DPRD Balikpapan, Andi Burhanuddin Solong, Burhan mengatakan pembangunan jembatan menghubungkan Melawai – Nipah Nipah tidak masuk dalam rencana pembangunan jangkan menengah masing masing daerah. Apalagi pembangunannya diperkirakan menelan anggaran hingga Rp 5 triliun. […]

  2. LastElida says:

    I have noticed you don’t monetize your page,
    don’t waste your traffic, you can earn extra bucks every month because you’ve got high quality content.
    If you want to know how to make extra money,
    search for: Mertiso’s tips best adsense alternative

Leave a Reply

Your email address will not be published.