Diprediksi Turun, Inflasi Balikpapan Masih Tinggi
4 January 2013
Inflasi Naik, Tarif Air Balikpapan Ngikut Jua
7 January 2013

Proyek Jembatan Balang Masuk Lelang

P Balang1Balikpapan –

Pembangunan jembatan Pulau Balang menghubungkan Balikpapan – Penajam Paser Utara senilai Rp 1,9 triliun memasuki tahap lelang proyeknya. Proyek jembatan sepanjang 1,3 kilometer membelah teluk Balikpapan nantinya digadang gadang jadi penghubung utama jalur Kalimantan Timur – Kalimantan Selatan yang selama dipisahkan oleh teluk Balikpapan.

“Tahun ini atau bulan Januari rencananya akan di lelang, ini hasil rapat dengan Kementerian Pekerjaan Umum,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Balikpapan, Suryanto, Sabtu (5/1).

Progress pembangunan jembatan memasuki tahap bentang pendek sepanjang 440 meter menghubungkan Balikpapan – Pulau Balang. Proyek pembangunan bentang pendek ini yang sudah memasuki tahap lelang jembatan senilai Rp 375 miliar.

“Anggaran pusat sebesar Rp 100 miliar sudah dikucurkan, namun ini untuk pembangunan pilar bentang panjang jembatan yang mencapai 800 meter,” papar Suryanto.

Provinsi Kalimantan Timur nantinya yang bertanggung dalam pelaksanaan lelang proyek bentang pendek jembatan senilai Rp 375 miliar. Alokasi anggarannya mempergunakan dana APBD Kalimantan Timur.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kaltim Joko Setiono memperkirakan sedikitnya dibutuhkan dana sebesar Rp 1,5 triliun untuk pembangunan bentang panjang jembatan mencapai 800 meter. Jumlah ini sudah jauh menyusut dibandingkan perencanaan awalnya yang diperkirakan butuh dana hingga Rp 3,2 triliun.

“Batas toleransi ketinggian jembatan jadi 27 meter sehingga otomatis berpengaruh pada panjang jembatan,” paparnya.

Pemprov Kaltim memprioritaskan pelaksanaan lelang proyek bentang pendek pada awal tahun ini. Namun dengan turunnya alokasi dana pusat sebesar Rp 100 miliar, Joko mengharapkan adanya tambahan pada anggaran perubahan 2013 termasuk kucuran sebesar Rp 500 miliar pada tahun 2014 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *