Sebulan Tutup, Kideco Rugi 87 Juta US Dolar
Sebulan Tutup, Kideco Rugi 87 Juta US Dolar
12 July 2015
Lebaran, Bandara Sepinggan Melonjak 30 Ribu Penumpang
Lebaran, Bandara Sepinggan Melonjak 30 Ribu Penumpang
14 July 2015

Figur Baru Kandidat Kuat Pilgub Kalteng

Figur Baru Kandidat Kuat Pilgub Kalteng

Surat suara pemiluNewsBalikpapan –

Lembaga survey Indonesia Development Monitoring (IDM) menyatakan karakteristik masyarakat Kalimantan Tengah menginginkan sosok figure baru memimpin pemerintahan daerah kedepannya. Survey menyebutkan tingginya elektabilitas dan popularitas tokoh tokoh baru yang akan maju dalam pemilihan gubernur Kalimantan Tengah mendatang.

“Masyarakat hanya tertuju pada tiga tokoh saja yakni H Ujang Iskandar, Achmad Diran dan Riban Satia,” kata Direktur Eksekutif IDM, Fahmi Hafel dalam siaran pers di Jakarta, Senin (13/7).

Fahmi mengatakan tokoh Ujang Iskandar menempati peringkat pertama elektabilitas di masyarakat Kalteng yakni 29 persen. Lembaga survey IDM melaksanakan survey pada 1.608 respon warga Kalteng yang menginginkan perubahan karakteristik gaya kepemimpinan.

“Artinya hampir 50% dari 1.608 masyarakat Kalimantan Tengah mengetahui dan meneganl figur para calon bakal Gubernur Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Kandidat selanjutnya adalah Wakil Gubernur Kalteng, Achmad Diran yang memperoleh tingkat penerimaan masyarakat hingga 21 persen. Peringkat paling buncit adalah Wali Kota Palangkaraya, Riban Satia yang mempunyai elektabilitas 11 persen warga Kalteng.

“Sedangkan calon lainnya tingkat penerimaannya hanya di bawah 10 persen,” papar Fahmi.

Sehubungan itu, Fahmi memastikan Ujang Iskandar akan memenangkan pilgub Kalteng bila pemungutan dilakukan hari ini. Dia memprediksi Ujang Iskandar mampu meraup hingga 32,4 persen suara pemilih warga Kalteng meninggalkan para rivalnya seperti Achmad Diran  (22,2 persen),  Riban Satia (8,2 persen), Willy Yowseph (7,7 persen), Darwan Ali (5,6 persen), Achmad Amur (4,4 persen),  Asdi Narang (4,1 persen), Hamdani (3,7 persen) dan Abdul Razak (3,6 persen).

“Jika Achmad Diran tidak ingin maju, ini dapat membuat peluang Ujang Iskandar sangat potensial untuk menang dalam Pilkada Kalimantan Tengah pada 9 Desember nanti. Namun, Riban Satia dan Willy Yoseph yang bisa menjadi pesaing Ujang Iskandar,” tambahnya.

Survey juga menunjukan warga percaya Ujang Iskandar mampu memimpin Provinsi Kalteng di masa mendatang, Populatitasnya dianggap mampu diterima dibandingkan figure incumbent yang diwakiliki Wakil Gubernur Kalteng, Achmad Diran.

“Achmad Diran dianggap memiliki hubungan yang kuat dengan kepemimpinan Gubernur Agustin Teras Narang.  Padahal selama 10 tahun pasangan ini tidak mampu memberikan perubahan di Kalteng,” ungkapnya.

Adapun Asdi Narang juga dianggap akan mendapatkan penolakan dari mayoritas warga Kalteng yang ingin perubahan di wilayahnya. Kerabat Gubernur Teras Narang ini hanya merupakan represntasi dalam meneruskan dinasti politik keluarga di Provinsi Kalteng.

Untuk diketahui, jumlah responden dalam survei ini 1.608 responden dari 1.825.206 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Provinsi Kalimantan Tengah yang menjadi populasi dalam penelitian dengan tingkat kepercayaan 98% dan memiliki margin error ± 2,7% dan dengan metode pengambilan sample yang mengunakan Multistde Random Sampling tersebut. ADV

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *