Balikpapan Optimalkan Transportasi Umum

Bus BalikpapanNewsBalikpapan –
Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur mengoptimalkan penggunaan sarana angkutan umum untuk sarana transportasi masyarakat. Pemerintah daerah sedang uji coba tranportasi darat gratis ini menempuh rute Batu Ampar – Kariangau.

“Sedang kami uji coba selama dua bulan kedepan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan, Suseno, Senin (5/5).

Pemkot Balikpapan mengoperasikan empat bus dalam uji coba sarana transportasi umum ini. Selama dua bulan, telah teralokasi dana Rp 80 juta untuk pembiayaan gaji sopir, BBM hingga perawatan bus.

Suseno mengatakan pemda sedang mengumpulkan informasi seputar kebutuhan sarana transportasi umum ini bagi masyarakat. Dalam pelaksanaanya nanti, katanya akan ditunjuk pihak swasta sebagai pelaksana transportasi umum ini.

Suseno menjelaskan dua perusahaan itu yakni sejumlah pengurus organda yang membentuk konsorsium dan PT Piranti. Dua badan hukum ini merupakan badan yang bergerak dibidang perhubungan/transportasi.

“Target kita dua bulan. Setelah itu mudah-mudahan sudah ada pihak ketiga yang mengelolanya,” tandasnya.

Rencananya kedepanya jika saum dapat berjalan baik, rute saum dapat diperluas.

“Misalnya rute Batu Ampar –Bandar, tapi itu masih lama kita fokus yang ada dulu,” tambahnya.

Wakil walikota Heru Bambang mengatakan ujicoba saum perlu dilakukan agar kebijakan yang akan dibuat ini tidak mubazir. Ia sependepat rute yang dipilihnya karena masih kurangnya pelayanan transportasi di wilayah itu.

“Saya kira saum harus di ujicoba dulu, terus kita lihat hasilnya, karena kita tahu bahwa penduduk disana kurang, kegiatan masih kurang, jangan sampai saum yang kita adakan mubazir,” paparnya.

Berita Terkait

1 Comment

  1. […] BALIKPAPAN, Badan Amil Zakat (BAZ) Nasional Kota Balikpapan Kaltim menargetkan perolehan zakat meningkat jadi Rp 5 miliar dari sebelumnya Rp 4 miliar. Zakat menjadi target adalah perolehan zakat harta maupun profesi di Balikpapan. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *