Warga Lamaru Belum Menikmati Air Bersih
24 April 2012
Madarasyah Tidak Gampang Jadi Negeri
25 April 2012

Atasi Kemacetan, ABS Usulkan Transportasi Manorel

Balikpapan – Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong (ABS) mengusulkan pembentukan model transportasi manorel. Pasalnya, transportasi manorel dinilai lebih cocok dengan kondisi jalan utama kota Balikpaan yang tidak lebar. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan. “Kalau monorel saya lebih setuju dibandingkan SAUM (busway). Karena coba lihat ada satu mobil berhenti saja dipinggir jalan sudah kena macet dibelakangnya. Apalagi kalau ada bus SAUM yang beroperasi. Tentu ini bukan malah beri solusi tapi menambah kemacetan. Karena jalan kita disini sempit-sempit,” kata pria yang biasa disapa ABS itu.

ABS yakin konsep pengembangan monorel akan diminati investor mengingat saat ini pemkot bersama swasta tengah mengembangkan coastal Road. “ Ini lebih prospek dibandingkan moda transportasi lainya. Mungkin bisa dikembangkan dari Karang Anyar-Bandara Sepinggan-Tritip,” katanya.

Pengerjaan dapat dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi kota mana saja yang membutuhkan penanganan moda transportasi yang ideal dan efektif. DPRD kata ABS telah meminta pihak Bappeda kota Balikpapan melakukan kajian analisa mengenai monorel. Ruas mana saja yang mungkin bisa dimulai dilakukan.

“Kita minta ke Bappeda mulai lakukan kajian monorel. Di 2012 sudah kita siapkan alokasi anggaran untuk kajianya. Kalau memang memungkinkan dilakukan lebih cepat ngak tidak,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *