Dana Rp 7 M Untuk Pembebasan Waduk Tritip
27 December 2011
APBD Balikpapan 2012 Ditetapkan Rp1,823 triliun
27 December 2011

Kaltim Siapkan Dana Rp139 Untuk Waduk Sungai Wain

Balikpapan - Pemerintah Provinsi Kaltim menyiapkan alokasi dana sebesar Rp139 miliar untuk pembangunan bendungan Waduk Sungai Wain dikawasan Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) Balikpapan Utara. “Sudah kita siapkan anggaran 2012 ini. Bendungan waduk Wain rencananya diperuntukan bagi masyarakat Balikpapan dan kebutuhan air baku kawasan Industri Kariangau,” ungkap Kepala Seksi Sungai Danau dan Waduk Dinas Pekerjaan Umum Kaltim Prihananto.

Menurutnya, proyek Bendungan Waduk Wain itu dikerjakan secara multiyears. Untuk pembangunan fisik sepenuhnya dibiayai Pemerintah Provinsi Kaltim hingga tahun 2014 mendatang.

“Pada  tahap awal pengerjaan proyek fisik akan dimulai pada triwulan pertama 2012 dengan alokasi dana sebesar  Rp50 miliar,” katanya.

Pembangunan bendungan  ini telah direncanakan sejak tahun 2005 silam. Nantinya bendungan  tersebut menjadi bendungan pertama di Kalimantan dan ke empat di Indonesia yang dibangun didaerah muara sungai.

“Nantinya bendungan wain akan memiliki luas tampungan sebesar 286 hektar dan memiliki kapasitas produksi 482 liter per detik,” tuturnya.

selain itu, bendungan wain ini akan memanfaatkan limpasan air dari
bendungan Pertamina yang berada di kawasan hulu sungai Wain dan juga
curah hujan.  

“Bendungan wain ini sendiri rencananya akan dikelola langsung oleh PDAM Kota Balikpapan pada tahun 2015,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *