Sekolah Pinggiran Balikpapan Belum Berlistrik
Sekolah Pinggiran Balikpapan Belum Berlistrik
27 May 2014
Persiba Pertajam Lini Depan
Persiba Pertajam Lini Depan
27 May 2014

Liburan, Penumpang Pesawat Balikpapan Naik 20 Persen

Liburan, Penumpang Pesawat Balikpapan Naik 20 Persen

Pesawat Garuda di BalikpapanNewsBalikpapan –
Maskapai Sriwijaya Air Area Balikpapan Kalimantan Timur memprediksi lebaran nanti prosentase keterisian penumpang pesawat meningkat hingga 20 persen. Masyarakat Balikpapan melakukan aktifitas liburan luar kota untuk mengisi musim liburannya.

“Kalau musim liburan nanti dan lebaran itu meningkat 15-20 persen ,” kata Manager Sriwijaya Distrik Balikpapan, Eri Suhaeri, Selasa (27/5).

Bagi yang masyarakat yang menyukai traveling dan memiliki planning, jadwal terbang pada waktu-waktu liburan dan lebaran, kerap telah melakukan pemesanan tiket. Menurutnya, rute yang kerap menjadi sasaran masyarakat yakni tiga kota di pulau Jawa.

Untuk harga tiket termurah saat ini sekitar Rp 700 ribu perpenumpang. Pertumbuhan market yang cukup tinggi ini, juga dibareng dengan penambahan pesawat dengan tipe yang lebih besar.

“Untuk sekarang ini jumlah frekwensi pesawat ke tujuan itu cukup banyak dengan seat yang bertambah. Dulu kan pesawat 120 seat, hanya lima kali sehari ke Jakarta, sekarang pesawat isinya 186-200, jadi market tumbuh dibareng dengan size aircraft tipenya,” jelasnya.

Kondisi inipun diperkirakan akan sama dengan musim lebaran nanti, bahkan ekstra flight kemungkinan akan dilakukan jika permintaan tinggi.

“Biasanya kalau lebaran ekstra flight kita dua pecan sebelum lebaran. Kalau favoritnya orang milih penerbangan H-5. Tahun lalu kita ngak ada esktra flight,” terangnya.

Senada juga diungkapkan Sales Manager Citilink Distrik Balikpapan Pramono. Menurutnya untuk liburan Juni kenaikan penumpang sekitar 10-20 persen.
“Naik sekitar itu, beda dengan lebaran ya. Tiketnya ya hampir-hampir sama seperti ini,” ucap Pramono, diacara JTE kemarin. “ Rute favorit liburan banyak ke Jogya dan Jakarta,” tambahnya.

Sedangkan untuk musim lebaran Juli mendatang, rute favorit bagi masyarakat Balikpapan dan Kaltim yakni tujuan Surabaya dan Jogya. Tiketnya bervariasi dari termurah seharga Rp 600 ribu hingga Rp 1,2 juta.

Untuk itu Citilink mulai Juni hingga akhir tahun ini akan menambah delapan armada pesawat baru. “ Juni ini tambah satu, Juli juga tambah satu pesawat, sampai Akhir tahun jumlah semua 8 pesawat. Jadi total akhir tahun 2014 ini ada 32 pesawat, kalau sekarangkan ada 24 armada,” ungkapnya.

Saat ini, Citilink juga masih melakukan kajian rute baru Balikpapan-Semarang dan Balikpapan Tarakan. “Belum seminggu ini kita kaji,”pungkas Pramono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *