Bais Tangkap Solar, Polisi Ogah Campur Tangan
26 March 2012
Balikpapan Siap Lahan 20 Hektar Trans Studio
27 March 2012

Kaltim Patuhi Keputusan Kementerian Kehutanan

Balikpapan – Pemerintah Provinsi Kaltim harus mengikuti keputusan yang telah dikeluarkan oleh Kementerian kehutanan (Kemenhut) soal ijin pembangunan jalan di lahan Tahura Bukit Soeharto. Dimana dalam keputusan Kemenhut agar dilakukan pembangunan jalan melewati sisi luar Tahura sebaiknya dijalankan. “Memang itu akan memperpanjang. Namanya pengamanan hutan dan sebagainya, tentu kita tidak bersikeras pada konsep yang ada pada kita. Tapi juga masalah masalah hukum dan kehutan ini kita berkewajiban untuk merespon secara positif ,” kata Ketua DPRD Kaltim Mukmin Faisyal HP usai membuka acara Kosgoro di Hotel News Benakutai, Minggu (25/3).

Dengan perubahan ini kata Mukmin, Pemprov Kaltim harus melakukan perubahan dan menyiapkan plan B yang ada. Konsekuensinya adalah terjadi perpanjangan pembangunan jalan sepanjang 7 kilometer yang tentunya akan menambah biaya lagi.” Tentu kita akan berjuang untuk mendapatkan biaya baik dari APBD maupun APBN,” ujarnya.

Dengan pembiayaan yang bersumber dari negara kata Mukmin, status pembangunanjalan yang semua jalan tol bisa berubah menjadi jalan freeway. “ Kalau APBN tentu bukan lagi tol namnya harus dirubah menjadi freeway. Kalau freeway ini bisa dibiaya oleh APBN, pemerintah kalau tol kan swasata,” jelasnya.

Penggunaan lahan Tahura ini untuk kepentingan jalan tol juga masuk dalam pembahasan RTRW Kaltim. Saat ini Tim 9 kata Mukmin sudah menyerahkan hasil kerjanya,. Diharapkan penuntasan RTRW ini bisa segera dilakukan. “ Mudah-mudahan RTRW itu diputuskan tidak dalam waktu lama. RTRW ini terhambat karena ada daerah tingkat II yang masih bermasalah,” tambah Mukmin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *