Balikpapan Bentuk Tim Atasi Kemacetan
27 December 2011
Kecelakaan Balikpapan Didominasi Balapan Pelajar
28 December 2011

Seluruh Ijin Tambang Bisa Dimoratorium

Balikpapan – Pemerintah pusat memberi sinyal bahwa perizinan baru tambang bisa dimoratorium atau dihentikan perizinannya jika akibat dari penambagan tersebut menimbulkan kerusakan hutan. Sedangkan pertambangan yang sudah berjalan lama dapat ditinjau kembali ijinnya jika ditemukan adanya pelanggaran lingkungan. “Kementerian Kehutanan dan Kementerian ESDM bisa meninjau ulang perizinan pertambangan tersebut sehingga bisa diberikan tindakan apabila tidak sesuai dengan regulasi yang ada,” kata Deputi I Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Heru Prasetyo di Balikpapan.

Karenanya kata Heru, UKP4) telah mengusulkan kepada pemerintah khususnya kementerian terkait untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap perizinan pertambangan termasuk di Kaltim dalam masa moratorium guna menjaga pelestarian lingkungan maupun hutan.

Menurutnya, selama ini memang belum diketahui secara pasti seberapa luas kerusakan hutan yang terjadi akibat kegiatan pertambangan. Pasalnya pemerintah hanya mengetahui terjadi kerusakan, namun skala kerusakannya masih harus dilakukan penelitian.

“Harus ada evaluasi dan pendataan kawasan yang mengalami kerusakan hutan sehingga bisa diketahui lebih pasti berapa besar kerusakan itu, sehingga bisa dijadikan acuan dalam penegakan peraturan terhadap pelaku,” terangnya.

Ia menambahkan, perlu adanya kesepakatan dengan pelaku usaha untuk memastikan kegiatan pertambangan yang dilakukan juga berwawasan lingkungan. “Karena menjaga kelestarian lingkungan bisa dilakukan bersamaan dengan peningkatan kapasitas industry,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *