Kamera Pengawas Penjuru Balikpapan
2 May 2014
Bocor, Waduk Manggar Bisa Jebol
3 May 2014

Event Mitra Bhayangkara Offroad Competition

offroaderNewsBalikpapan –
Kejuaraan balap mobil di medan ekstrem (offroad) kembali di gelar di Balikpapan. Event bertajuk Mitra Bhayangkara Offroad Competition akan dihelat pada Sabtu – Minggu 30 Mei-1 Juni 2014 mendatang.

“Ini event regional, jadi kami umumkan sekarang sehingga kawan-kawan punya waktu untuk persiapan dan mengatur jadwal,” kata AKBP Andi Ervin, Ketua Panitia Penyeleggara.

Andi mengaku mengundang semua penggiat offroad di kota-kota Kaltim mulai dari Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Loa Kulu, Bontang, Sangatta. Juga mereka yang ada di Banjarmasin, Banjarbaru, Rantau, Barabai, Batulicin di Kalimantan Selatan.

“Kami juga berharap kedatangan kawan-kawan dari Palangkaraya seperti Agus Indorama, juga Agus Dermawan, sebut Andi Ervin.

Turut diundang para offroader dari Palu, Sulawesi Tengah, dan Makassar, Sulawesi Selatan. Terakhir kali Balikpapan menjadi tuan rumah kompetisi offroad di awal tahun 2012, sebab itu, menurut Andi Ervin, kejuaraan ini juga akan menjadi ajang silaturahmi offroader kembali di Kota Minyak.

Kejuaraan kali ini akan digelar di Grand City, kawasan perumahan yang baru dikembangkan di bagian utara Balikpapan. Seperti umumnya bentang alam Kota Minyak, kawasan Grand City berbukit-bukit dan memiliki semak dan hutan. Medan seperti itu selalu disukai untuk dijadikan trek offroad.

Menurut Anthony Agustrian, Ketua Pengurus Daerah Indonesian Offroad Federation (Pengda IOF) Kalimantan Timur, panitia akan membuat sekurangnya 5 SCS (special competition stage) untuk semua kelas yang dipertandingkan.

“Ada 2 kelas untuk berkompetisi, yaitu Free For All (FFA) non wich, dan FFA non winch, atau biasa disebut kelas ekstrem,” sebut Tony Eboss, panggilan akrab Anthony.

Disebut kelas ekstrem karena mobil-mobil yang berlomba di FFA dengan winch memang menempuh medan yang ekstrem. Di trek ekstrem biasa ada kubangan berlumpur dalam, atau tanjakan curam.

Untuk mengatasi medan seperti itu, ketahanan mobil dan semua perlengkapannya, keterampilan mengemudi, nyali pengemudi, hingga kecekatan co-driver sangat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *