Kawasan Teluk Balikpapan Terancam Rusak
29 December 2011
Target PAD Balikpapan 2011 Tercapai Rp218 miliar
29 December 2011

Dana BOS Balikpapan Baru Terserap 60 persen

Balikpapan - Dewan Pendidikkan Kota (DPK) Balikpapan menyayangkan Oktober - November 2011 dana bantuan operasional sekolah (BOS) di sekolah-sekolah baru terserap sekitar 60 persen. Hal dinilai merugikan dunia pendidikkan di Kota Balikpapan. Seringnya terjadi perbedaan antara Bagian Keuangan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dengan SKPD terkait termasuk dengan kepala sekolah menjadi salah satu penyebab tidak efisiensinya penggunaan dana BOS.

Sedangkan berdasarkan aturan pengelolaan dana BOS yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 21 tahun 2011 tentang, pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, dana BOS dari pemerintah pusat disalurkan ke bendahara Kota dan kabupaten.

Sebenarnya penyaluran dana BOS bagi sekolah negeri dilakukan setiap triwulan oleh bendahara kota kemudian ke Dinas Pendidikkan melalui rekening masing-masing sekolah. Sedangkan penyaluran dana BOS bagi sekolah swasta dilakukan setiap triwulan oleh BUD melalui rekening masing-masing sekolah.

“Dengan penjabaran tersebut sebenarnya dana BOS di Pemerintah Kota (pemkot) tidak lagi mengalami kendala seperti sebelumnya. Akibat adanya mis antara pihak sekolah dengan bendahara pemkot, sehingga pencairan dana BOS terhambat,” kata Ketua DPK Balikpapan Subiyanto.

Menurutnya, bila dana BOS tidak terserap dengan baik tahun 2011 maka tidak menutup kemungkinan anggaran BOS Balikpapan mengalami penurunan. Meski demikian penurunan anggaran diharapkan tidak pada anggaran operasional sekolah. Bila anggaran BOS daerah terjadi pengurangan pada item infrastruktur dinilai wajar.

“Bila pengurangan anggaran BOS daerah pada item operasional sekolah maka preseden buruk dalam dunia pendidikan kita dimasa mendatang. Karena hal itu dinilai berdampak signifikan dalam proses belajar mengajar setiap tingkatan sekolah,” imbuh Subiyanto.

Apalagi mulai Januari 2012, pemerintah mengubah mekanisme penyaluran dana BOS. Dimana dana BOS disalurkan dari Kas Umum Negara (KUN) ke Kas Umum Daerah (KUN) Provinsi, selanjutnya disalurkan ke satuan Pendidikan Dasar (SD dan SMP) baik negeri maupun swasta dalam bentuk hibah.

Karena ia berharapkan tahun 2012 tidak ada lagi kendala dalam pencairan dana BOS, karena akan menganggu proses belajar dan mengajar. Selain itu juga akan menjadi hambatan sekolah untuk mendapatkan dana lainnya.

“Dengan adanya kendala pencairan dana BOS tahun ini menjadi pengalaman setiap sekolah. Agar tahun 12 tidak lagi melakukan pola lama, karena sangat disayangkan dana yang sudah diplot untuk BOS tidak terpakai.” tandasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *