Kaltim Siapkan Dana Rp139 Untuk Waduk Sungai Wain
27 December 2011
Balikpapan Berharap Dapat Bonus
27 December 2011

APBD Balikpapan 2012 Ditetapkan Rp1,823 triliun

Balikpapan – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan DPRD Kota akhirnya menetapkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Balikpapan 2012 sebesar Rp1,823 triliun dalam rapat paripurna DPRD Kota Balikpapan, Selasa (27/12). Penetapan itu setelah raperda APBD Kota Balikpapan 2012 ditetapkan menjadi perda setelah ada hasil evaluasi dan persetujuan dari Gubernur Kaltim telah diterima Pemkot Balikpapan 27 Desember 2011.

“Pedoman pengelolaan anggaran  yang telah ditetapkan ini merupakan pertama kali ditetapkan sebelum tahun berjalan, penetapan APBD 2012 sangat maksimal, mudah-mudahan lebih baik lagi,” kata Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Adanya kenaikan anggaran tersebut akan berpengaruh pada pembangunan daerah yang telah direncanakan oleh pemerintah. Pemkot Balikpapan kata Rizal, akan menggenjot perolehan dana dari pendapatan asli daerah (PAD) agar bisa mencapai target yang ditetapkan.

“Karena penetapannya lebih awal saya mengharapkan tidak terjadi lagi kegagalan pencapaian seperti pada 2011 ini,” ucapnya.

Menurutnya, tidak boleh ada lagi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang mengeluh tidak bisa menjalankan program pembangunan karena pengesahan APBD 2012 dilakukan sebelum masa anggaran 2011 berakhir.

”Perda APBD 2012 dan Perwali penjabaran perda APBD 2012 telah ditetapkan. Komitmen ini harus dikawal pelaksana sehingga hasilnya maksimal dalam mensejahterakan masyarakat. Saya juga telah intruksikan kepda SKPD utuk menyiapakan dokumen pelaskanaan anggaran dan melaksanakan sesuai jadwal dan alokasi dana yang ada,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *