Balikpapan Status Bencana Longsor
8 April 2013
Parkir Mahal, DPRD Balikpapan Akan Evaluasi
8 April 2013

Tiga Kota Kaltim Pemadaman Bergilir

Kota Balikpapan

Kota Balikpapan

Balikpapan –

Tiga kota di Kalimantan Timur mengalami pemadaman bergilir yaitu Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong Kutai Kartanegara. PT PLN Kalimantan Timur kekurangan daya listrik untuk mensuplay kebutuhan masyarakat di tiga kota tersebut.

“Pemadaman ini memang terjadi untuk pelanggan sistem Mahakam yang meliputi, Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong,” kata General Manager PLN Kaltim Nyoman S Astawa, Senin (8/4).

Menurut Nyoman, PLN terpaksa melakukan pemadaman bergilir, karena kekurangan daya hingga 30 megawatt (MW). Saat ini kata Nyoman, system Mahakam kapasitas dayanya sebesar 272 MW, sementara beban puncak telah mencapai 315 MW.

“Jadi memang dilakukan pemadaman untuk menguranggi kapasitas penggunaan listrik, karena memang kekurangan daya,” ungkapnya.

Selain kekurangan daya kata dia, sejumlah mesin pembangit di system Mahakam juga mengalami kerusakkan diantaranya pembangkit PLTG Cogindo, kemudian PLTGU di Tanjung Batu dan PLTD Karang Asam.

“Ada di tiga lokasi unit pembangkit kita, yakni pembangkit PLTG Cogindo yang mengalami gangguan trafo pada 28 Januari lalu, PLTGU Tanjung Batu tanggal 15 Februari lalu sistem turbinnya rusak terbakar, dan sejumlah pembangkit di PLTD Karang Asam,” ucapnya.

Karenanya untuk menormalkan system Mahkam itu, pihaknya kata Nyoman,akan menambah kapasitas daya, rencananya pada April mendatang, sebesar 10 MW dari PLTG Hutan Alam. Disamping itu, PLTG SenipahJuni sudah beroperasi  dan Peaking di Tanjung Batu pada September 2013 juga sudah beroperasi.

“Masing-masing  berkapasitas 2×41 MW dan 2×50 MW. Jadi sebenarnya kita juga terus melakukan pemulihan dan pembangunan cadangan baru, karena idealnya kami harus punya cadangan listrik minimal 27 MW ,” imbuhnya.

Apalagi, dalam tiga bulan terakhir, penggunaan listrik menunjukkan tren peningkatan penggunaan hingga 8,08 persen. Karenanya Nyoman, meminta  masyarakat, khususnya rumah tangga agar bijak dan menghemat penggunaan listrik minimal 5 persen.

“Peningkatan itu, dari Desember beban puncak mencapai 309 MW, kemudian Februari sebesar 318 MW, dan Maret bebam puncak sebesar 308 MW. Harapan kita masyarakat bijak menggunakan listrik, bisa menghemat 5 persen sudah bagus,” pungkasnya

Pemadaman itu mendapat protes dari berbagai elemen masyarakat.  Namun PLN mengklaim pemadaman begilir itu akan berakhir pada 9 April mendatang. Tiga daerah yang mendapat pemadaman begilir karena terkoneksi dengan system Mahakam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *