Tiga Perusahaan Sawit Anggap Orang Utan Adalah Hama
31 December 2011
Lokalisasi Manggarsari Dilarang Beroperasi Kembali
1 January 2012

Tahun 2011 Terjadi 90 Kasus HIV/Aids di Balikpapan

Balikpapan - Sepanjang tahun 2011 terjadi 90 kasus HIV/Aids di Kota Balikpapan. Jumlah tersebut cukup tinggi, karena kini jumlah pengidap HIV/Aids di Kota Balikpapan mencapai 489 kasus, apalagi Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang Kaltim.  “Tercatat, selama kurun 2011 ada sebanyak 90 kasus baru HIV/AIDS. Sedangkan akumulasinya mencapai 489 kasus dengan prevalensi 0.078%. Data tersebut cukup berkontribusi terhadap kasus HIV di tingkat Provinsi, mengingat ada sebanyak 2.889 kasus dengan Prevalensi 28,5%,” kata Walikota Balikpapan Rizal Effendi. 

Tingginya kasus HIV di Balikpapan, kata Rizal, harus segera disikapi semua pihak. Salah satunya dengan mempercepat penutupan lokalisasi Kilometer 17 di jalan Soekarno Hatta poros Kota Balikpapan -Samarinda. 

“Kita bersama DPRD ngotot menutup Km 17. Insya Allah ditargetkan dua tahun ini sudah bisa ditutup, karena saat ini kita sudah bernegosiasi dengan Pemprov Jatim untuk memulangkan PSK disana,” terangnya.

Namun demikian, Rizal berharap, ditutupnya lokalisasi Km 17 tidak membuat munculnya lokalisasi baru. “Jangan nanti Km 17 ditutup, Manggar Sari yang buka lagi. Makanya tidak bisa mengandalkan Pemerintah saja, harus ada keterlibatan masyarakat untuk sama-sama menutup,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *