Wali Kota Balikpapan Tinjau Soul Demi Cyber City
3 April 2013
Dewan Balikpapan Minta Aspal Terminal Dicor
3 April 2013

Tahapan Pilgub Kaltim Bergulir

Gamal Rustamadji

Gamal Rustamadji

Balikpapan-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan Kalimantan Timur mulai melaksanakan tahapan pemilihan gubernur setempat yang ditetapkan pada 10 September 2013 nanti.  Akhir Maret lalu sudah dilaksanakan sosialisasi tata cara pelaksaaan pilgub Kalimantan Timur.

“Tahapan Pilgub saat ini kan sudah mulai, jadi sejak launching 14 Maret kemarin, jadi sudah dimulai, dan 8 bulan kedepan sudah masuk pada tahapan Pilgub,” kata Ketua KPU Balikpapan, Gamal Rustamdadji, Rabu (3/4).

KPU, kata Gamal rutin melaksanakan sosialisasi di 14 kota/kabupaten seluruh Kaltim. Penyelenggaran pemungutan suara juga melakukan pemuktahiran data pemilih pilgub Kaltim.

“Jadi saat ini sedang dilakukan sosialisasi diseluruh 14 Kota dan Kabupaten di Kaltim maupun Kaltara,” terangnya.

Menurutnya, seluruh kabupaten dan kota, juga telah membentuk petugas penyelenggara Pilgub yakni PPK. “Sudah dibentuk diseluruh kota dan kabupaten untuk petugas penyelengga Pilgub, karena bagian dari tahapan Pilgub juga,” imbuhnya.

Kemudian kata Gamal, masuk pada tahapan pencalonan, khususnya untuk perseorangan.

“Sebentar lagi kita masuk pada tahapan pencalonan, khususnya yang di perorangan, karena dia akan mencari dukungan sebanyak-banyaknya 30 persen, tergantung jumlah penduduk di kaltim ini,” bebernya.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan KPU Provinsi Kaltim, pencalonan perseoranga dimulai Mei hingga Juni mendatang.  “Memang kalau untuk perseorangan lebih awal, Kalau berdasarkan jadwalnya itu sekitar bulan Mei – Juni, dia calon perseorang itu sudah harus menyelesaikan dukung-dukungannya,” bebernya.

Sedangkan untuk calon pasangan yang diusung partai politik, ditetapkan Juli mendatang. “Tidak boleh hanya satu pasangan (peserta), harus diulang, karen ada dukungan perseorangan, partai politik dan gabungan partai politik. Kalau parpol itu cukup kursinya, maka dia tidak perlu bergabung atau koalisi,” tuturnya.

Sementara untuk tahapan pemilihan suara Pilgub, tidak berubah yakni tetap pada 10 September 2013 akan dilangsungkan. “Jadi tidak ada perubahan, sudah final 10 September itu hari pengumutan suara,” tukasnya.

Tiga bulan setelah itu lanjut dia, kemudian pasangan yang terpilih akan dilantik, yakni pada 17 Desember 2013. “Karena pada saat itu masa jabatan gubernur sekarang ini juga berakhir, itu sudah sesuai,” ungkapnya.

Terkait soal anggaran Pilgub, Gamal mengatakan, pihaknya belum tahu berapa jumlah anggaran yang dialokasikan, “Kita belum tahu, karena belum ada finalisasi anggaran,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *