Komitmen No Tambang di Balikpapan
22 April 2013
8 Siswa Tidak Ikut UN setingkat SMA
22 April 2013

Siswa Paket B Gunakan Soal Ujian Foto Copy

Anak SMA BalikpapanBalikpapan –

Meski pelaksanaan ujian nasional (UN) setingkat SMP di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) berjalan lancar. Namun rupanya masih ada kendala yang dihadapi Panitia UN Kota Balikpapan.

Pasalnya, khusus untuk kejar Paket B materi ujian yang diterima tidak lengkap. Dari 7 lembaga yang melaksanakan UN Senin (22/4), ternyata ada 6 lembaga yang justru tidak menerima materi ujian secara lengkap, sehingga harus di foto copy.

“Memang untuk kejar paket B materi soalnya tidak lengkap, kita tetap mengikuti SOP nya, materi soal di foto copy, sudah di foto copy langsung Minggu malam. Mereka siang ujian sampai pukul 17.00 wita untuk paket B, kalau untuk setingkat SMP pagi seperti biasa,” kata Ketua Panitia UN Kota Balikpapan Wahyudi kepada Jurnal Nasional Senin (22/4) siang.

Sedangkan UN setingkat SMP kata Wahyudi, tidak ada kendala yang dihadapi. Karena Sabtu (20/4), materi ujian sudah didistribusi khususnya untuk Kota Balikpapan. “Kalau untuk SMP itu sudah sesuai plaining,” ucapnya.

Dari 69 sekolah yang menggelar UN, hanya satu siswa yang tidak mengikuti, tanpa keterangan. Jumlah siswa yang mengikuti UN seluruhnya yakni 8.640 siswa. “Satu siswa yang tidak hadir SMP Negeri 4, itu tanpa keterangan apapun,” ucapnya.

Siswa yang tidak ikut UN itu kata Wahyudi, masih bisa mengikuti susulan. Pihak sekolah, akan mendatangi orang tua siswa untuk mempertanyakan, alas an mengapa tidak hadir. “Dia masih bisa ikut susulan, karena memang hak siswa ikut ujian, nanti ada dari pihak sekolah yang kita utus mendatangi orang tuanya,” bebernya.

Sementara di Kaltim ada 852 sekolah yang menggelar UN secara serentak. Terbayak Kabupaten Kutai Kertanegera yakni ada 173 sekolah, Kota Samarinda 115 sekolah, Kutai Timur 74 sekolah, Balikpapan 70, Kutai Barat 68 sekolah, Berau 38 sekolah dan Bontang 34 sekolah.

Siswa yang mengikuti UN di Kaltim jumlahnya mencapai 54 ribu, lebih tinggi dari tahun lalu sekitar 50 ribu. Kota terbanyak yang siswa nya ikut UN yakni Kota Samarinda sekitar 11 ribu, Kutai Kertanegara 9.700-an dan Balikpapan 8.600-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *