Sekkab Sunggono Sampaikan Empat Masalah Pembangunan di Kukar

Sekkab Sunggono di forum Musrenbang Pemprov Kaltim (Istimewa)

NewsKukar – Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Hotel Mercure, Samarinda pada Kamis (2/5/2024), Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono menyampaikan empat permasalahan pembangunan di Kukar yang diharapkan menjadi prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim tahun 2025.

Pertama, Sunggono menyoroti layanan dasar dan aksesibilitas antar wilayah. Kualitas jalan dan jembatan di wilayah permukiman serta akses ke pusat-pusat ekonomi belum optimal. Selain itu, cakupan layanan air bersih dan energi listrik masih kurang di wilayah-wilayah terpencil.

Bupati Kukar, Edi Damansyah (Istimewa)

Permasalahan kedua adalah tata kelola air di kawasan pertanian. Sunggono menekankan perlunya perbaikan tata kelola air, termasuk pemanfaatan air permukaan, air tanah, dan manajemen jaringan irigasi untuk mendukung pertanian.

Ketiga, Sunggono menyoroti ketersediaan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di Kukar. Data Regsosek tahun 2022 menunjukkan adanya kesenjangan antara jumlah siswa SMP dan SMA, dengan sekitar 6 ribu siswa yang tidak dapat tertampung di tingkat SMA.

Permasalahan keempat yang disoroti adalah layanan kesehatan. Sunggono menekankan pentingnya optimalisasi layanan Puskesmas, dukungan sarana prasarana kesehatan, dan pembangunan rumah sakit umum di Kecamatan Muara Badak yang sedang dalam tahap pembangunan melalui APBD Kukar 2024.

“Saya berharap permasalahan ini dapat menjadi perhatian serius Pemprov Kaltim di Kukar pada tahun anggaran 2025,” ujarnya.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, Sy Vanesa Vilna, yang turut hadir mendampingi Sekkab Kukar, menyampaikan bahwa telah disusun 72 usulan yang terakomodasi dalam SIPD-RI, berdasarkan hasil analisa kebutuhan Pemkab Kukar.

“Usulan ini telah mencakup kewenangan kabupaten melalui Bankeu maupun Provinsi Kaltim melalui belanja program OPD,” katanya. ADV

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *