Realisasi APBD Tahun 2024 di Kukar Sudah 20 Persen

Bupati Kukar, Edi Damansyah (Istimewa)

NewsKukar – Memasuki triwulan kedua, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni.

Dalam rapat ini, Bupati Kukar, Edi Damansyah, menyampaikan bahwa capaian realisasi program Pemkab Kukar pada triwulan awal hampir menyentuh angka 20 persen. Rakor ini diadakan untuk mengetahui sejauh mana serapan realisasi kegiatan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bawah kepemimpinannya.

Bupati Kukar, Edi Damansyah (Istimewa)

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja OPD selama triwulan awal dan memetakan sektor mana yang memerlukan percepatan sebelum Pemkab Kukar menentukan apakah diperlukan APBD Perubahan atau kebijakan lain untuk evaluasi lebih lanjut.

“Saya juga mengarahkan OPD dan kepala dinas harus melakukan perubahan, khususnya terkait budaya kerja dan pola pikir,” ujar Edi pada Senin (20/5/2024).

Dalam rakor ini, Bupati Edi juga menyoroti pentingnya pengoptimalan data, karena setiap landasan kegiatan yang dilakukan Pemkab Kukar harus berbasis pada data yang akurat agar tepat sasaran.

“Karena yang kita bangun sekarang ruang lingkupnya mengarah pada kebutuhan dasar masyarakat, saya minta datanya harus konkret dan konsisten. Jangan sampai nanti tidak ditangani, karena ini kebutuhan dasar,” tegasnya.

Untuk menjaga semangat jajarannya dalam merealisasikan setiap program, Edi menekankan pentingnya perubahan pola pikir dan budaya kerja di kalangan pegawai. ADV

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *