Balikpapan Satu-satunya Zona Merah di Kaltim
Balikpapan Satu-satunya Zona Merah di Kaltim
22 October 2021
Bantuan Beasiswa Kaltim untuk Yatim Piatu Korban COVID-19
Bantuan Beasiswa Kaltim untuk Yatim Piatu Korban COVID-19
25 October 2021

Puluhan Ribu Vaksin Pfizer Tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan

Puluhan Ribu Vaksin Pfizer Tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan

Puluhan Ribu Vaksin Pfizer Tiba di Bandara Sepinggan BalikpapanNewsBalikpapan – Sebanyak 27.495 vial vaksin jenis Pfizer tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (21/10/2021) 17.30 Wita. Vaksin ini diterbangkan langsung dari Jerman transit di Singapura hingga sekarang ini sudah mendarat di Balikpapan.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai  (KPPBC) Balikpapan memantau langsung proses pembongkaran Vaksin Pfizer dari tubuh pesawat.

“Dokumentasi kewajiban kepabeanannya sudah selesai,” ungkap Kepala KPPBC Balikpapan Firman SH.

Pihak Bea Cukai langsung melakukan penanganan segera terhadap paket termasuk kelengkapan dokumen kepabeanan. Sesuai rencana, vaksin ini nantinya langsung didistribusikan ke Dinas Kesehatan Kalimantan Timur di Samarinda, Jumat (22/10/2021) hari ini.

“Karena gak memungkinkan diantar malam ini, makanya tadi juga dikawal kepolisian,” ungkap Firman.

Firman melanjutkan, pengiriman paket vaksin memang perlu penanganan cepat karena bersifat peka waktu. Artinya, proses distribusi tidak boleh terlalu memakan waktu lama, karena vaksin merupakan jenis barang yang memiliki daya tahan dalam waktu tertentu.

Sebagai catatan, vaksin ini telah memakan waktu pengiriman selama dua hari dari Jerman hingga mendarat di Balikpapan.

Maka dari itu, proses impor pun dipermudah untuk memperlancar proses distribusi vaksin. Sesuai ketentuan PMK Nomor 188 Tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dalam rangka penanganan COVID-19 dengan membebaskan bea masuk, PPN dan atau PPNBR serta PPH pasal 22.

“Kalau lewat prosedur yang normal, ini tidak bisa selesai hari ini. Jadi kita layani secepat mungkin sehingga barang cepat keluar untuk kelancaran distribusi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *