PLN Sukses Dukung Operasional EV di HUT RI ke-79 di IKN

Petugas PLN Kaltimra melayani pengisian energi listrik bagi warga di Ibu Kota Nusantara. Foto PLN

NewsBalikpapan – PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UID Kaltimra) berhasil mengawal keandalan pasokan listrik selama perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8). Selain memastikan pasokan listrik yang stabil, PLN UID Kaltimra juga mendukung operasional kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dengan menyediakan EV Charger di tiga lokasi strategis di kawasan IKN dan sekitarnya.

Taufik, seorang pengemudi kendaraan listrik dari Damri, merasakan kemudahan dalam mengisi daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN di IKN. “Pengisian daya di sini lebih cepat. Cukup membuka aplikasi PLN Mobile, kita bisa langsung mengisi daya dengan pilihan pembayaran yang bervariasi sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Senada dengan Taufik, Safana, petugas pengamanan rombongan pemerintah pada perayaan HUT ke-79 RI di IKN, juga mengakui kemudahan penggunaan SPKLU PLN. “Penggunaannya sangat mudah. Tinggal pasang charger, kemudian lakukan pengisian daya melalui aplikasi PLN Mobile,” kata Safana.

Dalam rangka mendukung operasional HUT ke-79 RI di IKN, PLN menyiagakan 18 unit EV Charger yang terdiri dari 15 unit SPKLU untuk kendaraan roda empat atau lebih, serta tiga unit SPKLU untuk kendaraan roda dua. Seluruh fasilitas ini ditempatkan di Kantor Kemensetneg IKN, Gardu Hubung Sementara PLN, dan Stadion Batakan.

General Manager PLN UID Kaltimra, Agung Murdifi, menyatakan bahwa hingga malam 17 Agustus, SPKLU tersebut telah melayani lebih dari 340 transaksi pengisian daya dengan total energi sebesar 6.568 kilowatt hour (kWh). “Alhamdulillah, SPKLU PLN sukses memenuhi kebutuhan pengisian daya EV selama HUT ke-79 RI di IKN. Seluruh transaksi dilakukan secara digital dan real-time melalui menu Electric Vehicle di aplikasi SuperApp PLN Mobile,” tutup Agung.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *