PLN Siapkan 100 Persen Listrik Hijau untuk Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Ilustrasi petugas PLN yang sedang melakukan pengecekan jaringan listrik di IKN. Foto PLN

NewsBalikpapan – PT PLN (Persero) siap menghadirkan pasokan listrik yang sepenuhnya bersumber dari energi hijau pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

PLN berkomitmen mendukung pembangunan kelistrikan di IKN dengan konsep “green, smart & beautiful,” sejalan dengan visi menjadikan IKN sebagai kota hijau, futuristik, dan berkelanjutan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa peringatan HUT RI ke-79 ini merupakan momen bersejarah bagi Indonesia. Oleh karena itu, PLN berusaha maksimal untuk memastikan kelancaran acara melalui suplai listrik andal yang bersumber dari energi hijau.

“Kami siap memberikan suplai listrik hijau 100 persen yang andal demi kelancaran upacara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara. Ini merupakan bentuk komitmen PLN untuk mendukung IKN sebagai kota masa depan yang berkelanjutan,” ujar Darmawan.

Ia menambahkan, keandalan suplai listrik hijau ini didukung oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang telah mencapai kapasitas produksi 10 Megawatt (MW), jauh lebih besar dari kebutuhan listrik untuk perayaan HUT RI yang diperkirakan sekitar 1,5 MW. Kapasitas ini akan terus ditingkatkan menjadi 50 MW pada akhir tahun 2024.

Dukungan terhadap pasokan listrik juga diperkuat dengan pengoperasian gardu induk berteknologi Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN dengan kapasitas 2×60 Mega Volt Amphere (MVA). Selain itu, PLN telah menyelesaikan pembangunan jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer-route (kmr).

“PLN telah menyelesaikan pembangunan gardu induk berteknologi GIS 4 IKN untuk mendukung keandalan kelistrikan di IKN. Ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan upacara HUT RI, tetapi juga untuk menjamin pasokan listrik jangka panjang di IKN,” lanjut Darmawan.

Di sisi distribusi, PLN telah membangun jaringan distribusi sepanjang 64 kilometer sirkit (kms) yang didukung oleh Gardu Hubung dan Gardu Distribusi. PLN terus mempercepat pembangunan jaringan untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Darmawan memastikan bahwa PLN telah menyiapkan sistem kelistrikan berlapis di venue utama dan area pendukung upacara, sehingga pelaksanaan HUT RI ke-79 dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

“Dengan persiapan yang matang dan komitmen tinggi, PLN memastikan bahwa infrastruktur kelistrikan di IKN siap mendukung berbagai kebutuhan, baik untuk perayaan penting maupun untuk masa depan,” tutup Darmawan.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *