PLN Dorong Digitalisasi Layanan dalam Kuliah Umum di ITK

Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UID Kaltimra), Agung Murdifi, memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada Selasa (3/9/2024). Foto PLN

NewsBalikpapan –  Dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UID Kaltimra), Agung Murdifi, memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada Selasa (3/9). Mengusung tema “Digitalisasi Layanan PLN”, Agung menekankan pentingnya penerapan digitalisasi dalam menghadapi tantangan disrupsi teknologi di era 4.0.

“Ketika pandemi Covid-19 melanda, banyak yang meramalkan PLN akan runtuh. Namun, justru sebaliknya, PLN bangkit. Melalui transformasi dan digitalisasi yang dilakukan secara menyeluruh, kami berhasil meningkatkan kinerja di berbagai sektor,” ujar Agung.

Salah satu hasil nyata dari transformasi ini adalah aplikasi superapps PLN Mobile. Aplikasi ini merupakan bentuk digitalisasi layanan pelanggan yang memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses kebutuhan listrik hanya dengan satu genggaman.

“Dulu, layanan kelistrikan sering dianggap lambat dan rumit. Kini, dengan PLN Mobile, layanan kami menjadi lebih cepat dan responsif,” jelas Agung.

Ia menambahkan, aplikasi PLN Mobile tidak hanya berfungsi sebagai one-stop solution untuk kebutuhan listrik, tetapi juga mampu menjangkau pelanggan di wilayah perkotaan maupun pedesaan.

“Hingga tahun 2024, aplikasi PLN Mobile sudah diunduh oleh 49 juta pengguna dengan rating 4,9. Pelanggan dapat mengakses aplikasi ini selama terjangkau sinyal telekomunikasi, di mana pun dan kapan pun,” tambah Agung.

Rektor ITK, Agus Rubiyanto, memberikan apresiasi terhadap transformasi yang dilakukan oleh PLN, terutama dalam hal digitalisasi layanan dan peningkatan keandalan listrik.

“Salah satu contohnya adalah dukungan PLN dalam menyukseskan perayaan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN). Keberhasilan transformasi ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda yang hadir pada kuliah umum ini,” kata Agus.

Agus juga berharap ITK dapat terus bersinergi dengan PLN, terutama dalam mendukung pengembangan infrastruktur kelistrikan di Kalimantan, melalui peningkatan sumber daya manusia berkualitas.

“Sebagai contoh, ITK menjadi pelopor pembuatan kendaraan listrik pertama di Kalimantan melalui produk ‘Enggang’, yang dalam tahap awal pengembangannya didukung oleh PLN. Kami sangat mengapresiasi dukungan PLN terhadap kegiatan ini,” tutup Agus.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *