SPKLU PLN Layani 340 Transaksi Kendaraan Listrik selama HUT RI di IKN

Petugas PLN siaga membantu anggota Kepolisian RI dalam melakukan charging mobil Patwal listrik di SPKLU Gardu Hubung Sementara PLN. Foto PLN

NewsBalikpapan – PT PLN (Persero) berhasil mendukung pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8). Selain menjaga keandalan pasokan listrik, PLN juga sukses mendukung operasional kendaraan listrik melalui penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa PLN telah menyiapkan 18 unit SPKLU yang tersebar di beberapa titik strategis di IKN untuk melayani kendaraan listrik. Hingga 17 Agustus 2024, seluruh SPKLU tersebut telah melayani lebih dari 340 transaksi pengisian daya, dengan total konsumsi listrik mencapai 6.568 kilowatt hour (kWh).

“Sejalan dengan konsep Forest City IKN yang sepenuhnya menggunakan ekosistem energi ramah lingkungan, PLN telah membangun infrastruktur pendukung untuk kendaraan listrik. Kami memastikan bahwa transisi energi ini bukan hanya pada level strategis, tetapi juga operasional. Ke depan, semua kendaraan di IKN akan berbasis energi bersih listrik,” ujar Darmawan.

PLN telah membangun 18 unit EV Charger di tiga lokasi utama di IKN dan sekitarnya, yaitu di Stadion Batakan, Kantor Sekretariat Negara IKN, dan Gardu Hubung sementara. Infrastruktur tersebut mencakup 8 unit SPKLU Ultra Fast Charging, 4 unit SPKLU Fast Charging, 3 SPKLU Medium Charging, dan 3 unit SPLU. Seluruh operasional SPKLU ini didukung oleh aplikasi PLN Mobile, yang memungkinkan layanan dilakukan secara digital dan cepat.

“Semua transaksi SPKLU dilakukan secara digital dan real-time melalui menu Electric Vehicle pada SuperApp PLN Mobile, sehingga koordinasi dan pemantauan bisa dilakukan dengan baik,” tambahnya.

Infrastruktur ini telah mendukung kebutuhan kendaraan operasional utama selama upacara peringatan HUT RI ke-79, termasuk mobil listrik Kantor Sekretariat Negara, bus listrik, mobil listrik Polri, buggy, taksi listrik, dan motor listrik Paspampres.

Darmawan juga menekankan bahwa listrik yang digunakan untuk menyuplai IKN 100 persen bersumber dari energi baru terbarukan (EBT), dengan PLTS IKN berkapasitas 10 Megawatt (MW) sebagai penyuplai utama. Ini memastikan bahwa seluruh sistem kelistrikan, dari hulu hingga hilir, menggunakan energi bersih.

“Listrik yang kami gunakan adalah listrik hijau dengan teknologi canggih, sesuai dengan konsep green, smart, dan beautiful. Kami juga memastikan bahwa kendaraan listrik dapat beroperasi dengan lancar, mencerminkan sistem kelistrikan yang benar-benar berorientasi pada masa depan,” jelasnya.

Dalam upaya menjaga keandalan pasokan listrik selama gelaran HUT ke-79 RI di IKN, PLN sebelumnya telah menyiagakan 450 personel yang berjaga 24 jam penuh di titik-titik strategis. Setiap personel dilengkapi dengan peralatan yang memadai dan didukung oleh Command Center yang memantau pengoperasian seluruh jaringan utilitas secara real-time.

“Dengan persiapan matang dari sisi pasokan, personel, dan infrastruktur SPKLU, PLN berhasil menyukseskan peringatan HUT ke-79 RI di IKN,” tutup Darmawan.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *