PLN Donasikan Listrik Gratis untuk 7.357 Keluarga Kurang Mampu

Pegawai PLN mendonasikan pemasangan listrik gratis selama perayaan HUT RI ke-79. Foto PLN

NewsBalikpapan – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, PT PLN (Persero) melalui program “Light Up The Dream” berhasil memberikan sambungan listrik gratis kepada 7.357 keluarga kurang mampu sepanjang tahun 2024. Dengan penambahan ini, total penerima manfaat program “Light Up The Dream” mencapai 24.451 keluarga.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa program ini merupakan wujud kepedulian pegawai PLN yang secara sukarela berdonasi untuk membantu masyarakat kurang mampu agar dapat menikmati listrik secara mandiri. “Dalam semangat kemerdekaan, seluruh insan PLN dari berbagai daerah serentak berbagi kebahagiaan dan memerdekakan saudara-saudara kita yang belum menikmati listrik secara mandiri. Kami berharap kehadiran listrik ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Darmawan.

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto, mengapresiasi kontribusi pegawai PLN dalam program ini. Menurut Didi, inisiatif ini sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup mereka. “PLN membantu masyarakat beralih dari peradaban remang menjadi peradaban modern yang terang. Oleh karena itu, peran pegawai PLN dalam program ini harus dilanjutkan. Terima kasih atas kerja keras dan konsistensi semua pihak yang menginisiasi program ini,” ucapnya.

Didi juga menekankan bahwa menerangi seluruh Indonesia bukanlah tugas yang mudah, terutama karena negara ini terdiri dari ribuan pulau yang masing-masing memiliki tantangan tersendiri dalam hal pasokan listrik. “Mengelola negara kepulauan seperti ini memang tidak mudah. Yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengisi ruang kosong yang ada. Itulah semangat sejati insan PLN, hadir memberikan kontribusi terbaik untuk membantu masyarakat kecil,” tambah Didi.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, menambahkan bahwa program “Light Up The Dream” adalah langkah mulia dari pegawai PLN untuk membantu masyarakat mendapatkan akses listrik. Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program ini telah membantu puluhan ribu keluarga kurang mampu menikmati listrik. “Kami berharap program ini terus meningkatkan jumlah masyarakat yang bisa menikmati listrik, sesuai dengan sila ke-5 Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Edi.

Salah satu penerima manfaat, Hasbia (45), seorang warga Kota Makassar yang berjuang seorang diri menghidupi tiga anaknya, merasa sangat terbantu dengan program sambungan listrik gratis dari PLN. Kini, keluarganya bisa menikmati listrik tanpa harus menyalur dari tetangga dengan biaya Rp 100 ribu per bulan. “Terima kasih kepada PLN atas bantuan pemasangan listrik secara gratis. Berkat listrik ini, kehidupan kami menjadi lebih mudah. Sekarang, saya hanya perlu mengeluarkan Rp 20 ribu per bulan untuk membeli token listrik,” ucap Hasbia dengan haru, sambil sesekali menyeka air mata bahagia.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *