PLN Gelar Apel Siaga untuk Pastikan Kelancaran Upacara HUT RI ke-79 di IKN

PT PLN (Persero) menggelar apel siaga kelistrikan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto PLN

NewsBalikpapan – PT PLN (Persero) menggelar apel siaga kelistrikan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) guna memastikan kelancaran upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang memimpin langsung apel siaga ini di IKN, menegaskan kesiapan PLN dalam menyediakan listrik yang bersih dan andal, serta kesiagaan personel untuk mendukung pelaksanaan upacara HUT RI di IKN.

“Sistem kelistrikan di IKN sudah siap, mulai dari pasokan daya, transmisi, distribusi, hingga kesiapan seluruh personel. Untuk momen bersejarah ini, kami berikan yang terbaik,” ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan, dalam upaya mengamankan pasokan listrik, PLN menyiagakan 450 personel dan 17 posko untuk menjaga keandalan pasokan listrik di seluruh lokasi acara.

Selain itu, PLN juga menyiapkan skema pengamanan listrik berlapis guna menjamin kelancaran upacara. Skema ini mencakup dua penyulang dari Geographic Information System (GIS) 4, GI Mobile, 35 Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai cadangan, serta 28 genset darurat dan 17 unit gardu bergerak (UGB).

“Untuk upacara besok pagi, semua persiapan sudah selesai, mulai dari fasilitas genset, UPS, unit bergerak, hingga tim lapangan yang berjumlah sekitar 450 pegawai PLN. SPKLU juga sudah dicek dan unit sudah siap,” tambahnya.

Darmawan juga menyampaikan bahwa PLN menyediakan listrik bersih dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN, yang kini mencapai kapasitas produksi 10 Megawatt (MW), untuk mendukung operasional di IKN. Meskipun proyeksi kebutuhan listrik untuk peringatan HUT RI ke-79 meningkat dari 1,5 MW menjadi 3 MW, PLN masih memiliki cadangan listrik bersih sebesar 7 MW yang dapat diintegrasikan ke sistem interkoneksi Kalimantan.

“Kami menghadirkan sistem kelistrikan di IKN yang mutakhir dan estetis. Konsep ekosistem kelistrikan di IKN berbasis teknologi canggih dengan sumber energi bersih yang didukung oleh teknologi pintar berbasis kecerdasan buatan,” jelas Darmawan.

Dengan pengalaman dalam menyelenggarakan berbagai acara penting, Darmawan optimistis upacara HUT RI di IKN akan berjalan sukses.

“Upacara besok adalah langkah awal, karena ke depan kami memiliki visi besar untuk membangun sistem kelistrikan terbaik guna mendukung IKN dan pembangunan Indonesia. Listrik PLN akan menjadi energi masa depan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *