Karyawan Kertas Nusantara Konsultasi Dana JHT ke Kemenakertrans
14 March 2013
Balikpapan Batasi Jumlah Minimarket
15 March 2013

Pilgub, KPU Balikpapan Butuh Rp 17 M

Pilgub KaltimBalikpapan –

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Balikpapan akan mengajukan tambahan anggaran untuk pelaksanaan Pemilhan Gubernur (pilgub) Kalimantan Timur (Kaltim) yang rencannya akan berlangsung tahun ini.

“Anggaran kita dari APBD Provinsi itu Rp 15 miliar, tapi kita akan ajukan lagi tambahan sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar dalam APBD Perubahan, jadi hampir Rp 17 miliar,” kata Sekretaris KPUD Balikpapan Amirullah, Kamis (14/3).

Dirinya optimis, penambahan anggaran tersebut, akan disetujui Pemerintah Provinsi Kaltim. “Pastilah disetujui, karena memang sebelumnya sudah dibahas dalam rapat, kita akan ajukan penambahan sekarang kita sedang hitung,” ucapnya.

Penambahan anggaran tersebut kata Amirullah, terkait pemekaran kecamatan dan keluarahan tahun ini, sehingga berimplikasi pada jumlah tempat pemilihan suara (TPS). Pasalnya, kini Balikpapan menjadi enam kecamatan dari sebelumnya hanya lima kecamatan.

“Karena pemekaran otomatis ada penambahan TPS sebanyak 138 TPS, dari yang sebelumnya 1.150 sekarang jadi 1.288 TPS karena kan memang Balikpapan ada pemekaran kecamatan menjadi enam dan kelurahan jadi 34 dari sebelumnya hanya 27,” ucapnya.

Menurut dia, penambahan TPS terjadi khususnya pada daerah pemekaran, termasuk daerah yang bukan pemekarang juga ada penambahan. “Memang karena faktor pemekaran, tapi juga daerah lain terjadi karena penambahan jumlah penduduk,”terangnya.

Terkait persiapan KPUD Balikpapan dalam pelaksanaan pilgub, dia mengatakan, pihaknya juga segera menggelar seleksi Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) untuk tingkat kecamatan maupun kelurahaan.

Disamping itu kata Amirullah, rencananya pada Kamis 14 Maret (besok) akan dilakukan launching Pilgub Kaltim. “Itu sudah sesuai dengan pertemuan kita KPU Provinsi maupun Kota dan Kabupaten di Berau beberapa waktu lalu, kita sudah sepakat,” ujarnya.

Sementara mengenai daftar pemilih tetap (DPT) Balikpapan, sejauh ini masih dilakukan proses validasi. “Saat ini saya belum tahu, karena masih dilakukan proses validasi, karena kan ada ditemukan KTP ganda,termasuk yang meninggal dan lainnya,” pungkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *