Dua Daerah Kaltim Lolos Pemekaran
6 April 2012
Pembahasan RTRW 2011-2031 Sudah Tahap Akhir
8 April 2012

Pengelolaan Pantai Manggar Diserahkan ke Swasta

Balikpapan - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan menawarkan pengembangan Pantai Manggar  kepada swasta melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility). Diharapkan peran pelaku swasta dapat lebih besar dalam pengembangan pariwisata di Kota Balikpapan. Salah satunya pantai wisata Manggara yang sedang disiapkan untuk pengembangan yang diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp29 miliar; Hal ini dikarenakan minimnya anggaran bidang pariwisata yang dialokasikan pemkot dan DPRD padahal salah satu visi kota adalah menjadikan kota pariwisata.“ Memang anggaran kita belum berpihak bidang pariwisata. Makanya kita coba libatkan persuahaan swasta salah satunya melalui dana CSR ini,” ungkap Wakil Walikota Balikpapan Heru Bambang.

Menurut Heru diserahkannya ke pihak swasta, karena Pemkot tidak memiliki dana yang cukup untuk mengembangkan pariwisata termasuk. Karena jika diserahkan ke swasta, pengelolaan Pantai Manggar bisa lebih baik hingga bisa mendongkrak wisatawan lebih banyak lagi. “ Kita berharap ada perubahanlah, Manggar dari tahun ketahun  tidak itu-itu saja,” tandasnya.

Hasil kajian yang dilakukan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan, terhadap pengembangan pantai Manggar yakni membangun beberapa fasilitas seperti resort, taman bermain, kolam renang serta aquarium.

Termasuk pembangunan pujasera serta restoran yang berada di sekitar lokasi sehingga bias tampak tertata rapi. “cottage itu masyarakat ekskutif lah sehingga kawasan itu diperuntukan bagi siapapun,” ujarnya.

Heru mengaku optimistis, keterlibatan perusahaan swasta yang tergabung dalam forum CSR untuk   ikut terlibat dalam pengembangan pariwisata Balikpapan dapt diwujudkan. “ Kita belum tahu, tapi pada saat HUT kota mereka menilai bagus sekali. Mungkin masih perlu kita paparkan konsep detailnya,” katanya.

Sedangkan Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Puji Purnawati mengatakan DPRD akan mendukung rencana perlibatan swasta dalam pengembangan Pantai Manggar. “Ini akan membantu meringankan beban APBD Kota sehingga bisa diarahkan pada sektor lain,” ujarnya, kemarin.

Puji menambahkan perlibatan perusahaan juga dirasa akan mampu menyediakan kebutuhan yang diperlukan dalam pengembangan Pantai Manggar. Sementara itu, Pemkot Balikpapan bisa bertindak sebagai pengawas dalam pengerjaannya.

Namun, dia menekankan apabila hal tersebut benar bisa direalisaikan Pemkot Balikpapan juga wajib menyediakan asuransi bagi pengunjung yang hadir. Tujuannya untuk memberikan rasa aman apabila terjadi sesuatu hal yang tidak terduga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *