Warga Pertanyakan Kenaikkan Tarif PDAM
6 January 2012
Balikpapan Alokasikan Rp 8 miliar Untuk 214 Sekolah Rusak
6 January 2012

Pemerintah Alokasikan Rp18 triliun Untuk Perbaikan Sekolah

Balikpapan – Pemerintah mengakui hingga kini masih banyak sekolah maupun ruang kelas di Indonesia yang rusak parah. Bahkan data Kementerian Dinas Pendidikkan Nasional (Kemnediknas) menyebutkan ruang kelas yang rusak sebelumnya mencapai 160 ribu. “Jumlah itu sudah kita kurangi. Tadinya 160 ribu rusak parah ruang kelas. Sekarang tersisa 131 ribu ruang kelas,” kata Menteri Pendidikkan Dinas Nasional (Mendiknas) M. Nuh usai peresmian Politeknik Balikpapan menjadi Negeri, Jumat (6/1).

Karenanya kata M. Nuh, tahun 2012 ini pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp18 triliun untuk dana perbaikkan sekolah yang rusak tahun 2012. Dana tersebut disiapkan untuk memperbaiki sekitar 131 ribu ruang kelas di Indonesia..

“Jadi saking banyak jumlah ruang kelas yang rusak di seluruh Indonesia, itu kalau ditayangkan di tv hampir tiap hari satu itu masih kurang. Karena sekarang ini jumlah sampai ratusan ribu,” terang M. Nuh lagi.

Meski masih banyak sekolah rusak, Kemendiknas kata M Nuh berkomitmen untuk terus melakukan upaya perbaikan. ”Jangan khawatir pemerintah komitmen untuk lakukan itu dengananggaran yang ada cukuplah untuk memperbaiki semua itu,” imbuhnya.

Menurut M Nuh, kerusakan sekolah kebanyakan dikarenakan usai sekolah yang sudah melebihi masanya (lifetime) sehingga butuh perbaikan segera. “ Itu  sekolah dibanguna tahun 70-80 yang kita kenal sekolah inpres. Jadi sudah melebih liftimenya. Dan sudah waktu untuk diperbaiki,” ungkapnya.

Karena itu kata M Nuh untuk memperpanjang umur sekolah pihaknya telah melakukan upaya perbaikan sekolah dari mulai ringan, sedang hingga berat. “ Anggaran Rp20,4 trilyun untuk perbaikan sekolah rusak tahun 2011 lalu. Sekarang 2012 ini, kita alokasikan sekitar Rp18 trilyun,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *