Gaji Wali Kota Balikpapan Rp 100 Juta
31 January 2013
Berhemat, Penumpang Batavia Balikpapan Rugi Rp 16 Juta
31 January 2013

Pailit, Pegawai Batavia Air Balikpapan Ngabur

Kantor Batavia Air di BDI Balikpapan

Kantor Batavia Air di BDI Balikpapan

Balikpapan –

Pasca pengumuman pailit PT Metro Batavia, tidak ada satupun pegawai maskapai Batavia Air yang terlihat melayani calon penumpang pesawat yang kebingungan. Bahkan, mereka tidak menghadiri rapat koordinasi pasca penutupan Batavia Air oleh PT Angkasa Pura Balikpapan dan kepolisian.

“Mereka tidak hadir, saya tidak alasannya. Saya juga binggung, kenapa mereka yang berkepentingan malah tidak hadir,” kata Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII Sepinggan, Rustino Prawiro, Kamis (31/1).

Sebagai pihak berkepentingan, Rustino berpendapat semestinya perwakilan Batavia Air hadir dalam pertemuan guna membahas langkah langkah antisipasi pasca penutupan maskapai ini. Menurutnya Batavia Air harus menyampaikan langkah pengembalian pembelian tiket pesawat sudah terlanjur dibayar para penumpang.

Disamping itu, Rustino bisa memaklumi menyusul pemutusan hubungan kerja (PHK) manajemen pada seluruh pegawai Batavia di Balikpapan. Menurutnya mantan pegawai maskapai ini juga sudah tidak berhak mengatasnamakan perwakilan Batavia Air lagi.

Karenanya, Rustino kemudian berinisiatif melakukan pendataan seluruh penumpang yang sudah memegang bukti tiket keberangkatan. Komplain sekaligus refund nantinya akan ditagihkan pada manajemen Batavia Air di Jakarta.

“Nanti dari data ini akan kami sampaikan pada mereka di Jakarta,” tegasnya.

Para calon penumpang maskapai Batavia Air kebingungan menunggu kepastian tiketnya. Mereka menunggui perwakilan Batavia Air yang tidak terlihat sejak pagi di Bandara Sepinggan maupun kantor cabangnya di komplek perumahan Bukit Damai Indah (BDI) Balikpapan.

“Saya sudah menunggu sejak pagi tapi manajemen tidak ada yagng terlihat,” kata Aliyah, salah satu calon penumpang di Balikpapan.

Beruntungnya, Aliyah sempat mencetak bukti pemesanan tiket pembelian pesawatnya via internet. Pasalnya siang tadi, situs website Batavia Air sudah tidak bisa lagi dibuka secara online.

“Ada sejumlah penumpang yang tidak sempat mencetak tiket pesawatnya. Untung saya masih sempat sehingga bisa jadi barang bukti pembelian tiket,” tuturnya.

Sebenarnya hari ini saja, Batavia Air semestinya melayani 700 calon penumpang yang terlanjur membeli tiket dengan berbagai jurusan penerbangan. Maskapai ini membuka sejumlah rute penerbangan murah jurusan Jakarta, Surabaya, Yogjakarta, Banjarmasin, Menado, Berau dan Tarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *