Kukar Gelar Festival Budaya Nusantara sebagai Gambaran Mini Indonesia

Sekkab Kukar, Sunggono (Istimewa)

NewsKukar – Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pada 8-13 Juli 2024 menjadi gambaran mini Indonesia karena beragam seni dan budaya dari seluruh nusantara ditampilkan kepada publik, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono.

“KFBN kali ini merupakan tahun ke-2 dengan menyuguhkan penampilan seni budaya lokal dan seni budaya nusantara, karena Kabupaten Kukar dihuni hampir semua suku di Indonesia,” ujar Sunggono di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa.

Bupati Kukar, Edi Damansyah (Istimewa)

Festival yang mengusung tema “Kukar Berbudaya, Nusantara Jaya” ini menampilkan aneka pertunjukan seni tradisional dari berbagai paguyuban, kelompok seni, dan sanggar tari, baik seni dan budaya lokal maupun nusantara.

Pertunjukan tersebut meliputi seni dan budaya dari Suku Kutai dan Suku Dayak, serta dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Buton (Sulawesi Tenggara), Manggarai Barat (Nusa Tenggara Timur), Palopo, dan Gowa (Sulawesi Selatan).

Melalui festival ini, semua unsur masyarakat dapat menyaksikan kekayaan dan keragaman budaya Nusantara, sehingga pemerintah dan berbagai pihak dapat menjalin hubungan harmonis antarsuku.

“Kabupaten Kukar yang merupakan miniatur Indonesia karena adanya berbagai etnis dan agama dapat hidup berdampingan dengan aman dan tenteram. Hal ini membuat Kukar kaya dengan beragam seni dan budaya, karena semua etnis dipersilakan mengembangkan seni masing-masing,” ucap Sunggono.

Sunggono juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam KFBN, termasuk semua paguyuban dan para seniman, sehingga festival berlangsung dengan meriah dan lancar hingga selesai.

Ia menyatakan bahwa festival ini tidak hanya menjadi wadah untuk menampilkan keindahan seni dan budaya, tetapi juga sarana untuk mempromosikan keberagaman dan memperkuat persatuan di masyarakat setempat.

“Festival ini merupakan salah satu kegiatan unggulan di Kukar, yakni festival yang merupakan ‘rebranding’ dari Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) yang sudah beberapa kali digelar,” kata dia.

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *