Pembahasan RTRW 2011-2031 Sudah Tahap Akhir
8 April 2012
Balikpapan Kaji Penerapan pajak Progresif
8 April 2012

KIK Diprediksi Hasilkan 50 persen PAD

Balikpapan - Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Wahyu Hartono menegaskan, untuk pengembangan kawasan bisnis di Kota Balikpapan yang masuk dalam perencanaan tata ruang dan menjadi target utama yakni kawasan industry kariangau (KIK). Karena infrastruktur pendukung seperti pelabuhan bongkar muat, jalan dan listrik telah dibangun. “Dalam peta tata ruang 2005-2015, wilayah utara menjadi konsen kawasan industry seperti KIK sebagai kawasan bisnis tidak hanya terfokus diwilayah tenga, disamping kawasan timur, yang juga terbagi dalam beberapa sector termasuk pariwisata dan perikanan,” ungkap Wahyu yang juga pengurus Kadin Kota Balikpapan ini.

Potensi pendapatan asli daerah (PAD) yang dihasilkan dari KIK setelah dihitung-hitung nilainya pun cukup besar karena mencapai 40 hingga 50 persen. Bahkan diprediksi akan menyerap sekitar 40 ribu tenaga kerja. “Kami sudah bicarakn itu dengan Direktur Badan Pengelola KIK Imdaad Hamid,” tuturnya.

Namun lanjut Wahyu, yang menjadi catatan Pemerintah dan DPRD Kota Balikpapan setiap perusahaan yang beroperasi di kawasan KIK harus memiliki kantor. “Jangan sampai kantornya diluar daerah, kantornya harus ada diwilayah itu sehingga urusan tenaga kerja atau pun yang lainnya tidak sulit dan rumit,” tukasnya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *