Beli Premium Balikpapan Dibatasi Hanya 25 Liter
19 March 2012
Hizbuttahrir Balikpapan Tolak Kenaikkan BBM
20 March 2012

Kendaraan Luar Daerah Memicu Terjadinya Antrian BBM

Balikpapan - DPRD Kota Balikpapan meminta dibentuknya tim pengawas yang khusus mengawasi kendaraan dengan plat nomor luar kaltim yang masuk ke Balikpapan  dan ikut membeli  BBM di Balikpapan  sehingga mengakibatkan antrian pembelian di SPBU yang menggangu kenyamanan masyarakat . Ketua DPRD Kota Balikpapan Andi Burhanudin Solong (ABS) menilai hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya antrian panjang BBM dan yang tidak diperhitungkan  oleh stakholder dan instansi terkait.

Menurutnya banyaknya kendaraan berplat luar Kaltim tersebut , juga mengakibatkan  ketidak seimbangnya kuota BBM yang di suplay ke SPBU Balikpapan. “ Saya kira kendaran ini ikut pengaruhi terjadinya antrian BBM di Balikpapan. Mereka banyak beroperasi di sini tapi  berplat luar Kaltim. Gejala seperti ini perlu diwaspadai, melalui tim pengawas gabungan,” ucap ABS, Senin (19/).

ABS juga tidak menutup mata tentang terjadinya penimbunan yang dilakukan oknum masyarakat termasuk perusahaan. “Karena itu dalam pengawasan perlu melibatkan unsure masyarakat. Mereka tahu situasi lapangan dilingkungan masing-masing,” ujarnya.

Sementara kuota yang diberikan Pertamina hanya disesuaikan dengan jumlah kendaraan yang ada di Balikpapan . “Kita juga tidak tahu berapa sih kuato yang riil untuk kendaraan, apakah ini sudah sesuai kebutuhan riil pemberian kuato BBM. Padahal kita ini kota penyulingan BBM tapi kita tidak pernah jelas mendapatkan data yang pasti soal kuata BBM,” kritiknya.

Bahkan ABS mensinyalir saat ini banyak kendaraan luar daerah yang direntalkan perusahaan, “Ini juga  harus segera diantisipasi  mengingat sesuai undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Jalan, kendaraan kendaraan berplat luar tersebut  harus mendatakan diri ke instansi terkait  dan telah diwajibkan membayar pajak . Bahkan jika lebih dari 3 bulan menetap  sudah diharuskan balik plat nomor Kaltim,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *