Pemerataan Infrastruktur Broadband Telkomsel
21 October 2019
Jokowi Minta Bupati Penajam Sopiri Ke Ibu Kota
21 October 2019

Infrastruktur Telekomunikasi Kaltim Paling Siap

NewsBalikpapan –

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi  (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) RI, Anang Latif , mengungkapkan, Kalimantan Timur (Kaltim) diantara semua provinsi di Kalimantan, dinilai paling maju dari sisi Insfrastruktur Telekomunikasinya.

Dibeberkannya, setelah nanti penunjukan Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi Ibu Kota Negara (IKN) tentu pihaknya harsu melakukan bagaimana setiap kota yang ada di Kalimantan termasuk Penajam Paser Utara ini memiliki jaringan bukan saja jaringan fiber optic tetapi juga memiliki back up jika terjadi sesuatu.

Jadi, jelasnya, kelemahan dari jaringan fiber optic putus di laut bisa lama proses penormalannya atau recovery, oleh karena itu penting jaringan back up bagi setiap kota yang terhubung dengan fiber optic.

“Nantinya jaringan di Penajam Paser Utara sebagai wilayah IKN harus paling handal dari seluruh Kalimantan,”katanya.

Ditambahkannya, kedepan pihaknya bakal berkoordinasi dengan operator komunikasi dan operator yang biasa menggelar jaringan antar kota dan pemerintah harus siap melakukan program sendiri jika mereka tidak siap melaksanakannya, karena alasan finansial secara bisnis, maka pemerintah akan hadir.

“Target kami sebelum IKN pindah semua jaringan komunikasi sudah tergelar dengan baik. Tergantung pemerintah kapan pemerintah menerbitkan UU pemindahaan IKN itu atau sebelum pegawain pindah ke PPU kita sudah selesaikan semua,”tegas Anang Latif.

Terkait kajian komunikasi, ungkapnya saat ini sedang berbarengan dengan kajian insfrastruktur IKN lainnya yang pasti pihaknya sudah berkoordinasi dengan operator komunikasi agak seluruh Kaltim miliki jaringan fiber optic back up.

“Sehubungan dengan laporan pak Bupati PPU, AGM masih ada wilayah di Penajam Paser Utara yang blank spot jaringan komunikasi, kami segera menindaklanjutinya, kami targetkan tahun 2020 depan semua wilayah blank spot bisa tertangani,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *