16 Orang Hilang Saat Jembatan Kutai Runtuh
27 November 2011
Serangan NATO Tewaskan 28 Tentara Pakistan
27 November 2011

Enam Kali Kapal Ponton Tabrak Jembatan Kutai

Balikpapan – Jembatan Sungai Mahakam di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang menghubungkan Tenggarong Seberang dengan Tenggarong Kota ternyata sudah ditabrak Ponton atau kapal pengangkut batubara yang mempunyai lambung datar sebanyak enam kali. Akibat tabrakan yang terjadi 23 Januari 2010 itu, jembatan sepanjang 400 meter, lebar 10 meter, dan tinggi lima meter ini hampir roboh. Laporan ini diberitakan Tempo yang menerima keterangan tertulis Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulan Bencana, Sabtu 26 November 2011. Data itu juga disampaikan BPBD Provinsi Kaltim, Kodim Tenggarong, Kementerian Pekerjaan Umum Bidang Jalan, dan Kesbangpolinmas Kabupaten Tenggarong.

Sejak peristiwa itu, BNPB meminta BPPT melakukan audit teknologi. Sementara jembatan itu, sedang dalam perbaikan kaena terjadi penurunan kekuatan konstruksi akibat tabrakan pontoon dan beban kendaraan yang melintas. “ Perbaikan dilakukan dengan mengencangkan dan mengendurkan baut” kata Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 26 November 2011, .

Saat perbaikan, kata Sutopo, jembatan yang menjadi jalur alternatif utama lalu lintas Tenggarong Seberang-Tenggarong Kota ini tidak ditutup. Jembatan yang diresmikan mantan Presiden Soeharto pada tahun 1987 ini, runtuh dalam waktu 30 detik setelah tali-tali penyangga jembatan gantung ini satu per satu putus.

Syakrani, 24 tahun, korban selamat ambruknya jembatan itu menuturkan, sebelum runtuh, puluhan kendaraan antre untuk jalur kiri dengan tujuan Samarinda. Jalur kanan digunakan melintas menuju Tenggarong. “Kan macet saya keluar mobil untuk melihat penyebab macet, katanya ada perbaikan baut dibawah jembatan,” kata Syakrani.

Kala itu ia membawa galon isi ulang. Didalam mobil ia ditemani seorang kernet bernama Taufik. Saat ia akan memasuki mobil, tiba-tiba jembatan miring kekiri. Hanya dalam hitungan detik, jembatan langasung ambruk ke Sungai Mahakam. “Saya sempat tercebur, tapi langsung naik ke permukaan. Teman saya Taufik belum ada kabar,” katanya.

Syakrani memperkirakan jumlah manusia diatas jembatan itu mencapai ratusan. Pukul 16.30 WITA merupakan jalur padat di jembatan sepanjang 900 meter itu.

Hingga saat ini dilaporkan ada empat orang yang meninggal, lima orang luka berat, dan enam orang petugas perbaikan tercebur dan menghilang. Kerugian material yang terjadi selain rusaknya Jembatan adalah tenggelamnya empat unit mobil dalam peristiwa ini.

Seluruh jenazah dibawa ke Rumah Sakit Pari Kesit, Tenggarong untuk dilakukan otopsi, sedangkan korban luka mendapatkan perawatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *