Burhanuddin Siap Maju di Karang Paci
24 March 2013
Ada 182 Kasus Malpraktek
25 March 2013

Dua Daerah Pemekaran Siap Diresmikan

Awang Faroek Ishak

Awang Faroek Ishak

Balikpapan –

Sebanyak dua daerah pemekaran yaitu Provinsi Kalimantan Utara dan Kabupaten Mahakam Ulu segera diresmikan pada April mendatang di Jakarta.  Kaltara akan resmi menjadi Provinsi ke 34 di Indonesia. Sedangkan Mahakam Ulu menjadi daerah ke 15 di Kalimantan Timur (Kaltim).

“Nanti tanggal 15 April bulan depan diresmikan di Jakarta,” kata Gubernur Kaltim Awang Farouk, Senin (25/3).

Peresmian tersebut kata Awang, sekaligus akan dirangkai dengan pelantikkan Plt Gubernur Kaltara dan Plt Bupati Mahakam Ulu. Soal yang akan menjabat Plt Gubernur dan Plt Bupati Mahakam Ulu,  kata dia, sedang dalam proses.

“Peresmiannya juga akan langsung dilantik untuk Plt Gubernur dan Bupati, soal penunjukkan Plt Gubernur dan Bupati kan kewenangan Presiden, sekarang dalam proses, memang ada beberapa usulan dari masyarakat, yang pasti dia paham soal Kaltara dan Mahakam Ulu,” sebutnya.

Setelah diresmikan di Jakarta kata Awang, didaerah juga akan dilakukan peresmian, karena dua daerah otonom baru itu, akan ada pengangkatan Sekretaris Daerah (Sekda) maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah.

“Jadi memang semuanya sedang dalam proses, yang pasti tahun ini dua daerah itu akan mulai beroperasi, karena ada pengangkatan Sekda dan SKPD nya, sehingga pemerintahannya sudah terbentuk,” bebernya.

Sebelumnya Awang menyatakan sudah mengusulkan satu nama ke Menteri Dalam Negeri yang akan menduduki jabatan Plt Gubernur Kaltara tersebut. Satu nama yang diusulkan yakni Irianto Lambrie yang kini masih menjabat sebagai Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim.

“Usulan kita hanya Irianto Lambrie. Entah kalau ada yang lain yang diusulkan, yang pasti kalau kita hanya mengusulkan satu nama,” ucap Awang.

Dia menegaskan, jika yang memimpin Kaltara maupun Mahakam Ulu harus orang yang paham kedua daerah itu. “Memang yang harus menanggani kedua daerah itu haruslah yang sudah mengerti soal daerah tersebut. Kalau sekprov yang menjabat,  akan otomatis dan tinggal jalan saja, dan tentu dia sangat paham,” tukasnya.

Mengenai posisi Sekprov Kaltim yang akan lowong pasca dilantiknya Irianto, menjabat Plt Gubernur Kaltara, Awang mengatakan, posisi tersebut, akan segera terisi. “Nanti ada diangkat Plt Sekprov,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *