Besok Ujian, SMK Pertiwi Balikpapan Hangus Terbakar
14 December 2011
Lapangan Lumpur, Persiba Gagal Taklukkan Persela
14 December 2011

DPRD Minta Pemkot Evaluasi Kebakaran Balikpapan Permai

Balikpapan – DPRD Kota Balikpapan meminta Pemkot untuk segera melakukan evaluasi atas musibah kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah di kawasan Balikpapan Permai. Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid mengatakan bencana kebakaran menduduki peringkat tertinggi bencana yang terjadi di Balikpapan selain banjir. “Bisa dilakukan penataan ulang kawasan melalui RTRW Kota,” ujarnya hari ini.

Rapatnya posisi rumah penduduk yang berada di wilayah Balikpapan Permai sering menjadi kendala bagi petugas ketika harus menjinakkan api saat kebakaran terjadi. Syukri mengatakan pemerintah bisa melakukan intervensi ketika penduduk akan mengurus izin mendirikan bangunan yang baru.

Dia menambahkan setidaknya harus ada ruang yang cukup bagi kendaraan pemadam untuk masuk ke wilayah perumahan. Selama ini, rapatnya rumah menyebabkan mobil pemadam hanya bisa berhenti di pinggir jalan yang jauh dari titik terjauh rumah.

Dengan memberikan ruang untuk kendaraan pemadam masuk ke wilayah pemukiman tersebut, akan mempermudah pekerjaan apabila sewaktu-waktu terjadi bencana. Selain itu, dia menekankan perlunya peralatan pemadam kebakaran ringan (APAR) di masing-masing rumah dan hydrant sebagai sumber air apabila peristiwa sejenis terjadi.

Syukri mengatakan sudah mendapatkan pengajuan anggaran dari SKPD terkait. Hanya saja dia belum memastikan berapa anggaran yang akan disetujui oleh DPRD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *