Hindari Kesemrautan Pajak Retribusi
23 December 2011
Harga Ayam Potong di Balikpapan Melonjak
23 December 2011

DPRD Kaltim Dukung Pembangunan Jembatan Balikpapan – Penajam

Balikpapan – Ketua DPRD Provinsi Kaltim H. Mukmin Faisyal menyatakan dukungannya terhadap upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara yang merencanakan membangun jembatan yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Menurut Mukmin, selama untuk kepentingan masyarakat DPRD Kaltim selalu mendukung. Apalagin kata Mukmin memang pembangunan infrastruktur jalan sangat penting untuk membuka akses perkembangan ekonomi daerah masyarakat.

“Kami (dewan) pasti dukung rencana pembangunan jembatan Balikpapan – PPU selama ditujukan untuk kepentingan masyarakat, sehingga jalur kedua daerah itu terbuka,” kata Mukmin.

Meski tidak menyebutkan anggaran yang akan digelontorkan melalui APBD Provinsi, namun mantan Walikota Balikpapan itu menuturkan, dibangunnya akan membuat perekonomian Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Balikpapan akan semakin bergeliat.

“Dengan dibangunnya jembatan itu, tentunya jarak tempuh dari Balikpapan ke Penajam akan semakin cepat begitu juga sebaliknya. Imbasnya tentu akan berdampak pada perputaran ekonomi daerah itu,” terangnya.

Seperti diketahui Pemkot Balikpapan dan Pemkab Penajam Paser Utara rencananya akan membangun jembatan gantung tahun 2013 mendatang. Jembatan tersebut diperkirakan akan menelan biaya mencapai Rp 1 triliun.

Tahun 2012 detail engenering design (DED) telah selesai dikerjakan. Jembatan tersebut mrip seperti Golden Gate di San Fransisko di Amerika Serikat. Panjang jembatan tersebut 3,2 kilometer yang menghubungkan wilayah Kerok- Gunung Steleng (Penajam) dan Tanjung Batu (Balikpapan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *