DPRD Balikapapan Akan Ajukan Raperda PKL
10 January 2012
Golkar Kaltim Ngotot Calonkan Pasangan Icat – Edy
10 January 2012

DPRD Balikpapan Ajukan Raperda Keolahragaan

Balikpapan – DPRD Kota Balikpapan secara resmi telah mengajukan rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif tentang penyelenggaraan Keolahragaan yang disampaikan dalam rapat paripurna DPRD, Selasa (10/1).. Demikian disampaikan Kepala Badan Legeslasi DPRD Kota Balikpapan Ida Prastuti yang mengatakan penyelenggaraan keolahrgaan didaerah merupakan tanggungjawab pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat.

Namun sayangnya kata Ida, prestasi olahraga di Kota Balikpapan sejauh ini belum maksimal. “Ini dikarenakan tidak didukungnya potensi pengembangan  semua cabang olahraga termasuk yang menjadi unggulan,” kata Ida.

Selain itu kata Ida, managemen permbinaan terpadu oleh pemda, KONI dan induk olahraga cabor belum berjalan maksimal dan tepat sasaran. Khususnya terkait pelatihan, pembinaan dan pengawasan.

“Pada tingkat kebijkan, belum padunya pengaturan olahrga pendidikan, olahrga prestasi, olahraga rekreasi pelatihan, pengelolan, pembinaan dan pengawasan serta tanggungjawab penyelenggaraan keolahragaan termasuk akses keadilan terhadap penggunaan saran olahraga yang tersedia di Balikpapan,” tukasnya.

Faktor lain juga kata Ida, karena system pembinaan atlet dan bibit yang kurang terprogram serta kurangnya penghargaan terhadap yang berprestasi secara berkesinambungan. Menyebabkan belum banyaknya lahir atlet-atlet potensial di Kota Balikpapan

“Penangan olahraga pada dasarnya merupakan keseluruhan subsistem keolahragaan yang saling terkait secara terencana, terpadu, dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan keolahragaan nasional,” imbuhnya.

Untuk itu Dewan menilai perlu ada peningkatan kordinasi antar lembaga, pemberdayaan organisasi olahraga, pengembangan SDM keolahragaan, pengembangan sarana dan prasarana serta peningkatan sumber dan pengelolaan anggaran  serta penataan system pembinaan olahrga.

“Karena itulah dibutuhkan paying hukum berupa Perda sebagai landasan yang mengatur soal keolahrgaan di Balikpapan dalam rangka pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga sehingga dapat wujudkan tujuan penyelanggaan olahraga nasional,” pungkasnya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *