Sekolah Unggulan di Kukar Direndam Banjir, Kerugian Rp1 miliar
10 January 2012
DPRD Balikpapan Ajukan Raperda Keolahragaan
10 January 2012

DPRD Balikapapan Akan Ajukan Raperda PKL

Balikpapan – DPRD Kota Balikpapan akan mengajukan rancangan peraturan daeragh (raperda) tentang pedagang kaki lima (PKL) dalam rapat paripurna. Raperda PKL merupakan raperda inisitif DPRD Kota Balikpapan yang nantinya akan mengatur soal keberadaan PKL di kota Balikpapan. Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid mengatakan keberadaan PKL harus diatur. Sehingga memberikan kepastian hukum, selain dalam rangka penataan agar tertata rapid an tidak semraut hingga menjadi bagian kota sehingga keberadaan PKL ini terintegrasi dengan arah pembangunan.

“Draft sudah masuk dalam bamus untuk diagenda ke Paripurna. Perda ini menjadi inisiatif dewan karena melihat PKL ini merupakan potensi daerah yang harus dikelola dan dibina secara baik sehingga bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi kota,” kata Syukri .

Secara hukum kata Syukri, selama ini keberadaan PKL belum terbina dengan baik dan dari sisi tanggungjawab pembinaan juga belum jelas termasuk legalitas. Sehingga keberadaan mereka perlu ada payung hukum yang mengatur eksistensi para PKL tersebut.

“Selama ini kan belum jelas mereka dibina siapa, siapa yang bertanggungjawab terhadap PKL, aturan legalitasnya juga, syarat soal PKL seperti apa, semua harus diakomodir dan diatur dalam perda termasuk pemberian sangsi bagi PKL itu sendiri,” terangnya.

Ia menambahkan, memang sudah waktunya dibuatkan peta PKL atau titik-titik keberadaan mereka sehinga dari sisi pengawasan, pembinaan dan pengaturan PKL akan lebih mudah.

“Seperti di Solo itu mereka sudah memiliki peta PKL bahkan itu dimasukan dalam RTRW wilayah mereka. Karena PKL telah dianggap sebagai aset pemkot yang memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi daerah,” tandasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *