Bupati Kukar Pimpin Apel BBGRM 2024 di Kembang Janggut

Suasana apel pelaksanaan BBGRM di Lapangan Sepak Bola Desa Kembang Janggut. Foto Istimewa

NewsKukar – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, hadir langsung di Lapangan Sepak Bola Desa Kembang Janggut, Kecamatan Kembang Janggut, untuk memimpin apel pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XXI Tingkat Kabupaten pada Sabtu (11/5/2024).

Dalam kesempatan ini, Edi Damansyah menyampaikan harapannya agar seluruh lapisan masyarakat terus merawat dan melestarikan budaya gotong royong yang merupakan identitas bangsa Indonesia.

“Budaya gotong royong di kalangan masyarakat dan seluruh organisasi atau lembaga yang eksis di Kukar harus tetap lestari dan menjadi tradisi yang mengakar dalam seluruh sendi kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa penyelenggaraan BBGRM bertujuan untuk terus mensosialisasikan pelaksanaan kegiatan gotong royong agar nilai-nilainya terus lestari di tiap lapisan masyarakat.

Menurutnya, kegiatan ini akan memotivasi masyarakat untuk membangun wilayahnya dengan prinsip-prinsip gotong royong dan menumbuhkembangkan keswadayaan masyarakat.

Edi Damansyah juga mengatakan bahwa BBGRM merupakan bentuk dukungan dan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar di seluruh tingkatan untuk menumbuhkan dan membudayakan kegiatan gotong royong.

“Kegiatan ini selalu kita laksanakan setiap tahun, selama satu bulan penuh tiap bulan Mei. Tujuannya agar nilai-nilai gotong royong terus diwariskan dari generasi ke generasi,” tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan BBGRM diselenggarakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005. Pemerintahan secara berjenjang mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, hingga Desa dan Kelurahan, memfasilitasi kegiatan gotong royong masyarakat. ADV

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *