Balikpapan Ajukan Bantuan Rp732 miliar ke Provinsi
7 March 2012
Berharap Ada Rute Malaysia Timur – Balikpapan
7 March 2012

Balikpapan Tawarkan Kerjasama Pariwisata Dengan Malaysia

Balikpapan – Wakil Walikota Balikpapan Heru Bambang menawarkan kerja sama di sektor pariwisata dan usaha kecil menengah seperti kerajinan tangan dan makanan khas Balikpapan kepada Malaysia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada dua daerah yang berada dalam satu pulau itu. Heru Bambang mengemukakan salah satu misi kota yang belum bisa tergarap maksimal adalah sektor pariwisata yang masih memiliki potensi yang cukup besar.  Utamanya wisata alam dan pantai serta makanan khas Kaltim  menjadi komoditas yang masih bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Kita ada Industri amplang  kuku macan yang juga disukai oleh masyarakat Malaysia ini peluang  untuk kerjasama. Atau kerja sama dalam pengelolaan Pantai Manggar yang masih belum maksimal saat ini,” ujar Heru usai menerima kunjungan Konsulat Malaysia, Rabu (7/3).

Heru mengatakan pengelolaan pariwisata yang sudah cukup baik di Malaysia bisa dijadikan contoh pengembangan pariwisata di Balikpapan. Melalui adanya kerja sama ini, pengusaha Malaysia diharapkan akan melakukan transfer pengetahuan sehingga terjadi hubungan yang saling menguntungkan.

Heru beranggapan kerjasama yang dijalain tidak harus dengan proyek besar  atau harus didahulu dengan MoU.  “ Bisa kita mulai dari amplang ini, apasaja khas Balikpapan, terus potensi wisita kita ada pesut, bekantan di teluk Balikpapan ini bisa dikembangkan bersama,” katanya.

Bentuk kerja sama ini tidak  harus disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman yang cendrung tindak ada tindaklanjutnya. Kerja sama secara informal katanya, secara tidak langsung akan menumbuhkan kesepahaman yang akan berlanjut pada kerja sama yang lebih intens lagi.

Konsul Malaysia Khairul Nazran Abd. Rahman mengatakan tawaran yang diajukan oleh Pemkot Balikpapan akan dipertimbangkan sebagai salah  satu peluang investasi yang layak untuk dilakukan. Dia mengharapkan kerja sama yang akan terbentuk tidak hanya antar pemerintah tetapi juga antar pelaku bisnis terkait.

“Pemerintah ini kan hanya sebagai kepanjangan tangan saja. Nanti kami akan sampaikan pada masing-masing sektor terkait dengan  pengusaha malaysia,” ujarnya.

Sedangkan untuk kerja sama yang melibatkan produk UKM, pihaknya mengaku tertarik dan akan memamerkannya pada pameran produk yang akan diselenggarakan di Malaysia. Demikian halnya dengan kerja sama pariwisata, pihaknya akan membantu meneruskan pada agen perjalanan yang ada di Malaysia.

“Ini  menjadi bagian dari para pelaku bisnis supaya ada kerja sama. Malaysia mempromosikan Balikpapan, Balikpapan mempromosikan Malaysia, “tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *