Pejabat Balikpapan Akan Menjalani Uji Kompetensi
7 March 2012
Balikpapan Tawarkan Kerjasama Pariwisata Dengan Malaysia
7 March 2012

Balikpapan Ajukan Bantuan Rp732 miliar ke Provinsi

Balikpapan – Komisi III DPRD Provinsi Kaltim menyatakan komitmennya untuk memperjuangkan bantuan keuangan dari Provinsi Kaltim untuk membiayai tiga proyek besar yang merupakan skala prioritas dan kini tengah dikerjakan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan. Tiga proyek yang menjadi perioritas bagi Pemkot Balikpapan agar dibantu Provinsi Kaltim yakni kelanjutan pembangunan stadion Balikpapan, pembangunan RSUD Balikpapan yang baru dimulai 2012 ini dan pembangunan jembatan Kampung Baru Ulu-Kariangau yang juga baru dipersiapkan tahun 2012 ini.

“Kita akan mengusahakan bantuan maksimal atas tiga proyek perioritas dari pemkot Balikpapan yakni pembangunan lanjutan stadion Balikpapan, RSUD kota, jembatan Kampung Baru-Kariangau. Ini akan jadi perioritas tapi bukan berarti yang lain tidak, tetap akan jadi perhatian kita,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kaltim Andi Harun usai pertemuan dengan Pemkot Balikpapan di aula, Rabu (7/3).

Kunjungan kerja Komisi III DPRD  Provinsi dipimpin Dahri Yasin dan ikuti oleh anggota-anggota komisi III DPRD. Mereke diterima oleh Sekkot Sayid Fadli bersama kepala Bappeda kota Suryanto , dengan sejumlah pimpinan SKPD kota Balikpapan.

Soal jumlah besaran bantuan yang diperoleh Balikpapan dari APBD Perubahan provinsi, Andi belum bisa menentukan.   Pada Kunjungan kerja ini katanya sebagai monitoring sejumlah pembangunan proyek Pemerintah Provinsi Kaltim di Balikpapan dan proyek Pemkot Balikpapan yang mendapat bantuan Keuangan Provinsi Kaltim.

“ Kita ingin menggali lebih jauh soal program perioritas pemkot  apa saja dan harapanya kepada provinsi pada 2012 dan 2013 mendatang . contoh proyek pembangunan yang mendapat bantuan provinsi salah satunya Pembangunan masjid Agung At Taqwa .  Kita nilai berjalan sesuai harapan dan prestasi ini harap dijaga terus,” terangnya.

Pada tahun 2012 ini pada APBD murni Provinsi Kaltim, Pemkot Balikpapan memperoleh bantuan Rp119 miliar dengan 22 kegiatan sedangkan pada tahun 2011 memperoleh bantuan keuangan Rp141 miliar dengan 22 kegiatan.

Dalam pertemuan itu, Pemkot Balikpapan mengusulkan sejumlah proyek dan besaran bantuan pada APBD P 2012 Provinsi Kaltim kepada rombongan komisi III. Yakni Stadion Balikpapan sebesar  Rp50 miliar, Pembangunan RSUD Rp30 miliar, pembebasan lahan freeway paket V Rp35 miliar, pembebasan lahan ITK Rp1,5 miliar dan pembangunan gedung kesenian RP 20 miliar. Sedangkan Balikpapan Islamic Center dimasukan dalam usulan hibah, Jembatan Kampung baru –Kariangau  dengan kebutuhan dana Rp450 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *